16 Ruko Terdampak Kebakaran di Sekitar Pasar Raya-Padang

Nuramin Rizky
Nuramin Rizky
Diperbarui 7 Mei 2024 18:47 WIB
Petugas pemadam kebakaran memadamkan kobaran api di kawasan Pasar Raya Padang, Selasa (Foto: Antara)
Petugas pemadam kebakaran memadamkan kobaran api di kawasan Pasar Raya Padang, Selasa (Foto: Antara)

Padang, MI - Sebanyak 16 unit rumah dan toko atau ruko terdampak akibat musibah kebakaran yang menimpa gudang mainan dan petasan di sekitar kawasan Pasar Raya Blok A Kota Padang, Sumatera Barat, pada Selasa (7/5/2024) siang.

"Yang kebakaran itu bukan lokasi Pasar Raya ya. Informasi yang kami terima ada 16 ruko yang terdampak akibat kebakaran," ujar Wali Kota Padang, Hendri Septa, di Padang.

Hendri Septa mengaku mendapatkan laporan adanya kebakaran ruko di kawasan Pasar Raya Padang sekitar pukul 13.30 WIB. Informasi yang diterimanya, ruko yang terbakar tersebut merupakan gudang mainan dan petasan milik pedagang dengan bahan-bahan terbuat dari plastik dan mudah terbakar.

Pemerintah daerah telah menurunkan 10 unit mobil pemadam kebakaran serta bantuan dari PT Semen Padang untuk memadamkan kobaran api. Banyaknya bahan-bahan yang mudah terbakar menyebabkan api mudah menjalar ke sejumlah titik.

Dalam peristiwa nahas tersebut, Wali Kota Padang membenarkan satu orang yakni pemilik ruko mengalami luka bakar, namun telah mendapatkan tindakan medis di salah satu rumah sakit.

Menyikapi kebakaran tersebut Wali Kota Padang mengatakan akan mengevaluasi dan menyelidiki penyebab kebakaran hingga memastikan semua pemilik ruko mempunyai racun api serta alat pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK).

Sementara itu, Eri, salah seorang warga Padang mengatakan mendengar letusan dan melihat kepulan asap menghitam di sekitar Pasar Raya Padang Blok A pada Selasa siang.

"Saya melihat mobil pemadam kebakaran lalu lalang dan satu unit ambulans di sekitar lokasi kebakaran. Informasinya pemilik ruko itu mengalami luka bakar," jelas pemuda berdarah Sunda tersebut. (AM)