Segudang Nutrisi Dalam Salad Buah

  • Whatsapp
Segudang Nutrisi Dalam Salad Buah
[Foto-grid.id]

Monitorindonesia.com – Salad Buah merupakan jenis makanan pilihan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Berbagai jenis buah-buahan didalam salad buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Bicara soal nutrisi dalam salad buah, tentunya bisa berbeda-beda tergantung pilihan buah, dressing yang digunakan, serta apakah ada tambahan gula.

Namun, mari ambil contoh salad buah yang dibuat dengan menggunakan apel, nanas, alpukat, anggur, stroberi, mangga, semangka, jeruk, dan pepaya, dengan dressing yoghurt. Secara umum, berikut ini kandungan nutrisinya:

Serat

Buah-buahan dalam salad buah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Tentunya, nutrisi ini sangat dibutuhkan tubuh, untuk meningkatkan rasa kenyang, memperlambat penyerapan karbohidrat, menurunkan kadar kolesterol, dan menyehatkan pencernaan.

Vitamin A

Vitamin A dalam buah bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata, kulit, dan jaringan tubuh, serta menurunkan risiko kanker prostat. Tak hanya itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh, lho.

Vitamin B1

Vitamin B1 atau disebut juga tiamin, memiliki peran penting dalam penggunaan karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu menjaga fungsi saraf.

Vitamin B5

Dikenal juga dengan sebutan asam pantotenat, vitamin B5 memiliki manfaat untuk pembentukan sel darah merah, zat kimia otak, dan hormon steroid. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu tubuh memecah karbohidrat, protein, dan lemak.

Vitamin B6

Sama seperti asam pantotenat, vitamin B6 juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah. Vitamin ini juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan suasana hati, kekebalan tubuh, kemampuan kognitif, serta kualitas tidur.

Vitamin C

Vitamin C punya banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pembentukan kolagen, serta berperan sebagai antioksidan.

Vitamin E

Manfaat vitamin E tak kalah penting bagi tubuh. Vitamin ini dapat memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi, mata, sel darah, dan otak. Vitamin E juga merupakan zat antioksidan yang berperan penting dalam melawan radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan.

Kalium

Manfaat kalium bagi tubuh adalah untuk menurunkan tekanan darah, memelihara kesehatan jantung, dan membantu kontraksi otot.

Mangan

Mangan memiliki manfaat yang juga penting, antara lain membantu metabolisme asam amino, kolesterol, karbohidrat, dan pembentukan tulang.

Asam Folat

Bagi ibu hamil, asam folat punya manfaat penting untuk mengurangi risiko keguguran dan cacat tabung saraf pada bayi. Asam folat juga dapat membantu pembentukan sel tubuh yang baru, mencegah anemia, dan memelihara kesehatan secara umum.

Kalsium

Terkandung dalam yoghurt yang digunakan sebagai dressing, kalsium merupakan mineral yang bermanfaat untuk pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi.

Itulah nutrisi umum yang terkandung dalam salad buah. Seperti dikatakan sebelumnya, kandungan vitamin dan mineral dapat berbeda-beda tergantung jenis buahnya. Untuk mendapatkan nutrisi yang optimal dan beragam, masukkanlah berbagai jenis buah dalam salad buah.

Agar manfaat mengonsumsi salad buah bisa lebih maksimal, sebaiknya jangan tambahkan mayones sebagai dressing. Meski dapat membuat salad buah menjadi lebih enak, mayones mengandung lemak dan kalori dalam jumlah tinggi.

Selain itu, hindari juga penggunaan krimer kental manis atau gula tambahan yang terlalu banyak. Sebagai pilihan yang lebih sehat, kamu bisa menggunakan pemanis alami seperti madu dalam salad buah yang kamu buat.

Sumber : halodoc

Pos terkait