Shakhtar Donetsk Kalahkan Barcelona di Liga Champions

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 8 November 2023 10:28 WIB
Duel Shakhtar Donetsk vs Barcelona (Foto : AP)
Duel Shakhtar Donetsk vs Barcelona (Foto : AP)

Jakarta, MI - Shakhtar Donetsk tampil impresif untuk membekuk tim tamu Barcelona dalam duel matchday 4 Grup H Liga Champions 2023/2024, Rabu (8/11). Shakhtar membungkus kemenangan tipis.

Bermain kandang di Volksparkstadion, Shakhtar meladeni Barca dengan pendekatan taktik yang tepat. Blaugrana memang lebih banyak membawa bola, tapi serangan-serangan Shakhtar lebih efektif.

Menurut catatan dari laman resmi UEFA, Shakhtar Donetsk meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Danylo Sikan lima menit sebelum babak pertama usai.

Tim tamu memang mendominasi penguasaan bola selama 10 menit pertandingan berjalan. Namun, Shakhtar malah yang punya peluang emas duluan di menit ke-15. Mykola Matvienko melepaskan tembakan dari sudut sempit, tapi bola masih bisa ditepis Marc-Andre ter Stegen.

Sampai laga berjalan 20 menit, Barcelona benar-benar kesulitan menembus kotak penalti Shakhtar. Sejauh ini baru ada dua sentuhan bola dari Barcelona di kotak penalti lawan.

Shakhtar meski lebih banyak bertahan cukup membahayakan saat melancarkan serangan balik. Beberapa peluang hadir, namun bola yang dilancarkan ke kotak penalti kerap gagal disambut dengan baik oleh striker.

Shakhtar mengejutkan Barcelona di menit ke-40. Danylo Sikan membawa Shakhtar memimpin 1-0 usai menyambut umpan silan Giorgi Gocholeishvili dengan sundulan. Barcelona gagal mendapatkan gol balasan sampai pertandingan selesai. Hal itu membuat mereka harus pulang dengan kekalahan 0-1.

Meski meraih kemenangan, Shakhtar Donetsk masih berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup H. Sementara itu Barcelona tetap menduduki peringkat pertama dengan sembilan poin. (Ran)