Rossi Bakal Isi Posisi Kosong VR46?

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 27 November 2023 21:16 WIB
Marco Bezzecchi, Valentino Rossi, dan Luca Marini (Foto: VR46 Racing Team)
Marco Bezzecchi, Valentino Rossi, dan Luca Marini (Foto: VR46 Racing Team)

Jakarta, MI - Luca Marini, pembalap Mooney VR46, akan bergabung dengan Repsol Honda pada musim 2024. Saat ini tim balap Valentino Rossi sedang mencari pengganti. Rossi bahkan sempat bercanda bahwa dia yang akan menggantikan Marini.

Luca Marini akan meninggalkan tim MotoGP yang telah meningkatkan reputasinya. Marini menganggap bergabung pada tim Repsol Honda adalah sebuah impian. Adik Valentino Rossi itu akan menggantikan posisi Marc Marquez. Bagi pembalap MotoGP, membela tim pabrikan, terutama tim sebesar Repsol Honda akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Muncul beberapa kandidat pengganti Marini di Mooney VR46, ada Fabio Di Giannantonio, rider Pramac Racing yang kontraknya diputus musim ini. Ada juga nama rising star dari kelas Moto2, Fermin Aldeguer.

Namun saat ditanya oleh Sky Sport mengenai figur pengganti Marini, Rossi justru menjawab dengan nada bercanda. Rossi mengatakan pengganti Marini adalah pebalap Italia, dan salah satunya adalah dia sendiri.

"Ada dua pebalap Italia yang sedang kami pertimbangkan. Saya akan memberitahu Anda bahwa (pebalap) yang kedua itu adalah saya. Mungkin pada Selasa, saya akan coba Ducati," canda Rossi seusai MotoGP Valencia 2023. "Hal-hal ini selalu memiliki dinamika tertentu dan harus selalu dievaluasi," sambung dia.

Dalam pernyataan Rossi itu, ada clue bahwa pengganti Marini selanjutnya adalah pebalap yang juga berkebangsaan Italia. Apakah nama Fabio Di Giannantonio menjadi salah satu yang dipertimbangkan?

Bisa iya, bisa tidak. Sebab pertengahan November lalu Direktur Mooney VR46 Racing Team Uccio Salucci, mengatakan bahwa nama Diggia tak masuk pertimbangan. Tim balap Mooney VR46 cenderung lebih memilih pebalap muda. (Ran)