Tujuh Pembalap MotoGP Jajal Motor Baru, Marquez Terbaik

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 1 Desember 2023 00:06 WIB
Marquez tercepat keempat di sesi tes resmi MotoGP di Valencia (Foto: Twitter @MotoGP)
Marquez tercepat keempat di sesi tes resmi MotoGP di Valencia (Foto: Twitter @MotoGP)

Jakarta, MI - Tujuh pembalap telah mencoba motor baru selama sesi tes resmi MotoGP 2024. Ini adalah hasil tes resmi dari tujuh pembalap tersebut.

Sesi latihan resmi untuk MotoGP 2024 telah dimulai. Tujuh pembalap tercatat menggunakan motor baru karena berpindah tim. Tujuh pembalap adalah Marc Marquez, Fabio Di Giannantonio, Luca Marini, Franco Morbidelli, Johann Zarco, Alex Rins, dan Pedro Acosta.

Marc Marquez merupakan pembalap yang paling disorot lantaran menunggangi Ducati. Setelah 11 tahun mengendarai Honda RC213V, untuk pertama kalinya The Baby Aliens menunggangi Ducati Desmosedici GP23 bersama dengan Gresini Racing. Tidak butuh waktu lama buat Marquez beradaptasi menunggangi motor Ducati.

Dia juga tampak senang berada di atas Ducati Desmosedici GP23 yang tergambar dari senyumnya. Dilansir SkySport, motor itu sebenarnya tak jauh berbeda dengan yang digunakan Francesco Bagnaia hingga mengantarnya merebut titel juara dunia musim ini. Namun ada beberapa komponen yang disesuaikan dibanding rider Ducati lainnya seperti garpu yang lebih pipih dan pelat handlebar juga berbeda.

Marquez juga memilih garpu lebih panjang sebagaimana digunakan Johann Zarco dan Jorge Martin. Secara keseluruhan setelan motor Marquez mirip dengan Jorge Martin. Komponen lainnya baru dari pabrikan, dan framenya sangat-sangat ramping. Saat sesi tes ditutup, Marquez merampungkan waktu tercepat keempat dengan 1.29.424 atau 0,171 detik lebih lambat ketimbang Maverick Vinales.

Selain Marquez, Fabio Di Giannantonio juga berpindah tim dari Gresini Racing ke VR46. Bagi Diggia, sebenarnya bukan hal baru menunggangi Ducati karena sebelumnya juga sudah pakai Ducati namun versi lama. Diggia menutup sesi tes dengan berada di posisi ketujuh. Catatan waktunya 1:29.662.

Selanjutnya ada Luca Marini yang juga melakoni debut dengan Repsol Honda. Saat pengetesan ada beberapa komponen baru yang diuji Honda pada motor Marini maupun Zarco. Salah satunya adalah perangkat 'kotak' di buntut motor menyerupai yang digunakan oleh KTM. Tujuan pemasangan komponen itu adalah membuat motor jadi lebih stabil. Menjadi pebalap Italia kelima yang mengendarai Honda setelah Valentino Rossi, Max Biaggi, Andrea Dovizioso, dan Marco Lucchinelli, Marini berhasil mencatatkan waktu tercepat ke-10 dengan 1:29.956.

Franco Morbidelli juga melakukan penyesuaian perdananya dengan Ducati. Mantan rider Yamaha ini mencatatkan waktu tercepat ke-16 dengan 1:30.206.

Selanjutnya ada Johann Zarco yang perdana menjajal Honda LCR. Di LCR Honda, Zarco menggantikan posisi yang ditinggalkan Alex Rins. Zarco menutup tes resmi dan menjadi yang tercepat ke-17.

Alex Rins juga melakoni debut pertama dengan Yamaha. Rins menjajal motor dengan frame baru yang sangat lebar. Sayang di sesi tes resmi ini, Rins hanya menjadi yang tercepat ke-19 dengan 1:30.564.

Terakhir,ada Pedro Acosta naik kelas ke MotoGP. Jawara Moto2 itu untuk pertama kalinya menunggangi motor KTM di MotoGP, ia menutup sesi tes resmi dengan catatan waktu 1:30.476, menempati posisi ke-18.

 

Hasil tes resmi pebalap yang menggunakan motor baru di Valencia berikut ini.

 

Marc Marquez posisi ke-4

Fabio Di Giannantonio posisi ke-7

Luca Marini posisi ke-10

Franco Morbidelli posisi ke-16

Johann Zarco posisi ke-17

Pedro Acosta posisi ke-18

Alex Rins posisi ke-19

 

(Ran)