Timnas Indonesia Keok dari Libya, Begini Jalannya Pertandingan

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 6 Januari 2024 00:28 WIB
Timnas Indonesia vs Libya (Foto: Ist)
Timnas Indonesia vs Libya (Foto: Ist)

Antalya, MI - Timnas Indonesia harus kembali menelan kekalahan di pertandingan uji coba keduanya menghadapi Libya.

Di pertandingan tersebut, Indonesia harus mengakui keunggulan Libya dengan skor tipis 1-2 di jalannya pertandingan selama 90 menit.

Untuk pertandingan kedua antara Indonesia berhadapan dengan Libya ini akan berlangsung di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, pada Jumat (5/1)

Pertandingan sendiri berlangsung dengan intensitas yang sangat tinggi dari menit pertama, karena kedua tim bermain terbuka.

Adapun tiga gol yang tercipta di babak pertama lahir dari Yakob Sayuri (6’), di balas El Shremi (9’) dan A. Ekrama (20’). 

Sementara untuk pertandingan di babak kedua, kedua tim berhasil menciptakan banyak peluang. Namun, tidak ada yang berbuah gol.

Jalannya Pertandingan 

Pada awal babak pertama, Libya langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu dengan menekan langsung ke pertahanan Timnas Indonesia.

Hasilnya, di menit keempat melalui sekapan tendangan bebas A.Ekrawa mengancam. Namun, sepakan masih mampu di halau oleh Ernando Ari.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol kerja sama yang apik. Memanfaatkan umpan dari Ivar Jenner, Yakob Sayuri mencetak gol di menit keenam. 1-0.

Tak butuh waktu lama untuk Libya mengejar ketertinggalannya. Dimenit kesembilan, El Shremi berhasil menjebol gawang dari Ernando Ari.

Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia bermain lebih menyerang. Dengan mencoba menciptakan peluang melalui kedua sisi sayap permainan.

Keasyikan menyerang Indonesia kembali kebobolan. Kesalahan back pass yang dilakukan oleh Rizky Ridho sukses dimanfaatkan oleh A. Ekrawa untuk membawa timnya unggul di menit ke-20. 1-2 Libya.

Di menit ke-30, Indonesia mendapatkan peluang yang cukup matang melalui sepakan bebas. Sayang, umpan matang ke tiang jauh gagal di sundul Elkan Baggott.

Pertandingan memasuki lima menit terakhir, Indonesia terus meningkatkan intensitas serangannya. Namun, belum ada berhasil mengancam.

Sampai peluit panjang tanda berakhir pertandingan di babak pertama di bunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia untuk sementara tertinggal 1-2 dari Libya.

Pertandingan masuk ke babak kedua, Timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu dengan menekan Libya.

Pada menit ke-50, skuad garuda mendapatkan peluang matang. Sayang, upaya dari Marselino Ferdinan hanya berbuah sepak pojok.

Pada menit ke-55, Libya sempat berhasil membobol gawang Timnas Indonesia. Namun, gol tersebut di anulir karena sudah berada dalam posisi offside.

Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas di menit ke-62. Kontrol ciamik dari Yakob Sayuri di dalam kotak pinalti, kemudian umpan pendek ke Marselino yang sepakannya masih melambung tinggi.

Memasuki menit ke-70 tempo permainan sedikit menurun. Dan terlihat pelatih Shin Tae Yong banyak melakukan perubahan di lini penyerangan.

Di sisa lima menit terakhir, pelatih Shin Tae Yong mencoba untuk meningkatkan daya gedornya. Kali ini, Saddil Ramdhani yang di masukkan.

Pada menit ke-90, Indonesia mendapatkan peluang emas melalui Justin Hubner. Dua kali peluangnya melalui skema yang sangat cantik masih gagal membobol gawang Libya.

Di menit ke-90+3, peluang matang kembali di dapatkan oleh Timnas Indonesia. Sayang, sepakan dari Ramadhan Sananta masih melebar.

Sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan di bunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Indonesia harus takluk dengan skor tipis 1-2 dari Libya.