Liverpool Ganyang Arsenal di Ronde Ketiga FA Cup, Ada Gol Bunuh Diri!

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 8 Januari 2024 02:06 WIB
Liverpool mencetak gol pertama pada babak kedua di menit ke-80 melalui sepakan Trent (Foto: MI/Repro)
Liverpool mencetak gol pertama pada babak kedua di menit ke-80 melalui sepakan Trent (Foto: MI/Repro)

London, MI - Bermain di Emirates Stadium, Minggu (7/1) malam, Liverpool berhasil mengganyang Arsenal di pertandingan ronde ketiga FA Cup 2023/2024 dengan skor 2-0.

Meski di babak pertama pertandingan ini didominasi Arsenal, namun Liverpool kemudian berbalik memberikan perlawanan yang kejam nan efektif di babak kedua. Gol pertama Liverpool dihasilkan bunuh diri Jakub Kiwior. Sementara gol kedua The Reds tercipta dari Luis Diaz.

Jalannya pertandingan

Pada menit ke-11 di babak pertama, Martin Odegaard mendapatkan peluang emas untuk membawa Arsenal unggul. Kapten Arsenal itu melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti yang berawal dari kesalahan Joe Gomez tetapi bola masih menerpa mistar gawang.

Pada menit ke-22. Peluang Liverpool didapat Darwin Nunez tetapi sundulannya masih berada di samping kanan gawang Aaron Ramsdale.

Dua peluang kemudian didapat Arsenal melalui Ben White dan Kai Havertz saat laga berlangsung hampir 40 menit. Tembakan White masih bisa ditepis Alisson sedangkan sundulan Havertz masih belum membahayakan gawang The Reds.

Jelang akhir babak pertama, Liverpool mendapatkan peluang terbaik di pertandingan ini. Trent Alexander-Arnold yang didapuk sebagai kapten tim melepaskan tembakan keras kaki kanan yang masih menerpa mistar gawang Arsenal dan membuat skor imbang 0-0 mengakhiri babak pertama.

Babak Kedua

Di babak kedua ini, Liverpool mendesak balik Arsenal, hingga akhirnya berhasil membangun beberapa serangan ke pertahanan Arsenal. Pada menit ke-54, melalui sepakan Nunez yang keras usai memotong ke tengah kotak penalti tapi bola melebar dari target. Liverpool nampaknya belum juga berhasil membobol gawang Arsenal. 

Gol baru dicetak Liverpool pada menit ke-80 melalui sepakan Trent Alexander dari sisi kanan kotak penalti mengarah ke tiang dekat. Bola mengenai kepala Kiwior dan masuk ke gawang sendiri. Boom! 1-0.

Kembali di boom lagi, pada menit 90+5 melalui serangan balik yang dimulai dari Nunez di sisi kiri. Bola itu diberikan pada Jota yang akhirnya mengoper pada Luis Diaz di halfspace kanan. Diaz lantas melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti. Boom! 0-2! Gol ini jadi penutup laga babak kedua. Arsenal 0-2 Liverpool.

Adapun hasil ini membuat Liverpool melaju ke babak berikutnya. Sementara Arsenal tentu saja terdepak dari FA Cup ini.

Susunan Pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Jakub Kiwior, Martin Odegaard, Declan Rice, Jorginho, Bukayo Saka, Kai Havertz, Reiss Nelson

Pelatih: Mikel Arteta

Liverpool: Alisson, Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Jarell Quansah, Joe Gomez, Harvey Elliott, Alexis Mac Allister, Curtis Jones, Luis Diaz, Darwin Nunez, Cody Gakpo

Pelatih: Jurgen Klopp

(wan)