Kalahkan Vietnam 1-0, Mampukah Timnas Indonesia Lawan Jepang?

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 19 Januari 2024 23:59 WIB
Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam1-0 dalam laga lanjutan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Jumat (19/1).
Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam1-0 dalam laga lanjutan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Jumat (19/1).

Jakarta, MI - Dengan perjuangan sangat berat, timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dalam lanjutan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Jumat (19/1). 

Indonesia menang dengan skor 1-0 di babak pertama. Gol satu-satunya Indonesia dibuat oleh Asnawi Mangkualam lewat tendangan penalti pada menit 41 babak pertama.

Hasil ini adalah buah dari pertarungan para pemai Indonesia yang sangat agresif dalam menekan pemain Vietnam sehingga mereka tidak bisa berkutik.

Indonesia langsung mendapat peluang di pertandingan ini bahkan laga belum sampai satu menit. Sayang tendangan Rafael Struick yang sudah lolos dari penjagaan pemain Vietnam bisa ditepis kiper Filip Nguyen.

Struick kembali mendapat kesempatan emas untuk mencetak gol pada menit delapan, tapi tendangannya melenceng tipis dari kanan gawang Vietnam.

Indonesia di pertandingan ini melakukan pressing ketat sehingga pemain Vietnam tidak bisa mengembangkan permainannya sampai 15 menit babak pertama.

Vietnam mulai mengembangkan permainannya mulai menit 20. Tim yang berjuluk Golden Stars itu sempat mendapat peluang melepaskan tendangan tapi melenceng dari gawang Indonesia yang dijaga Ernando Ari.

Hingga menit 30 babak pertama, hasil Indonesia vs Vietnam dalam lanjutan Grup D Piala Asia 2023 masih sama kuat 0-0. Timnas Indonesia mendapat kesempatan emas, namun sundulan Sandy Walsh digagalkan dengan brilian oleh Filip Nguyen.

Penalti, Indonesia mendapat hadiah penalti pada menit 39 setelah Rafael Struick dilanggar oleh pemain Vietnam. Rafael tampak jatih karena kaosnya ditarik. Pemain Vietnam pun bisa menerima hadiah pinalti tersebut karena memang ada pelanggaran.

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang maju sebagai algojo dengan tenang menunaikan tugasnya menjebol gawang Indonesia yang dijaga Filip Nguyen.

Hingga pertandingan berakhir, Hasil Indonesia vs Vietnam, Timnas Garuda tetap unggul 1-0 berkat gol Asnawi

Di babak kedua Indonesia lebih banyak tertekan. Shin Tae-yong akhirnya memutuskan untuk melakukan pergantian pemain. Empat pemain ditarik keluar, yakni Egy Maulana Vikri, Struick, Asnawi dan Jordi Amat (cedera) digantikan Adam Alis, Hokky Caraka, Witan Sulaeman dan Rizky Ridho.

Meski begitu, tak banyak perubahan terjadi. Indonesia tetap berada di bawah tekanan Vietnam. Tembok pertahanan Skuad Garuda yang dikawal Sandy Walsh dkk beberapa kali ditembus pemain lawan. 

Beruntung, hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia tak berubah.

Kemenangan ini membuat Indonesia naik ke peringkat ketiga dengan nilai tiga poin. Sementara itu Vietnam berada di peringkat buncit dengan nilai 0. Pada laga terakhir, Indonesia akan melawan Jepang dan Vietnam akan melawan Irak.

Diharapkan pemain Indonesia tidak takut melawan Jepang. Ternyata Jepang bisa dikalahkan Irak dengan skor 2-1.