Korsel Tumbangkan Australia 2-1 di Perempat Final Piala Asia, Begini Jalannya Pertandingan

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 3 Februari 2024 03:45 WIB
Korea Selatan vs Australia di laga perempat final Piala Asia 2023 (Foto: Istimewa)
Korea Selatan vs Australia di laga perempat final Piala Asia 2023 (Foto: Istimewa)

Jakarta, MI - Berjalan sengit, Korea Selatan (Korsel) menumbangkan Australia 2-1 melalui perpanjangan waktu pada babak perempat final Piala Asia 2023 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Sabtu (3/2) dini hari WIB. Bagiamana jalannya pertandingan?

Awal babak pertama, Korsel berupaya tampil menekan sejak awal. 

Menit-14, ancaman dari Korsel lewat Kim Min-jae, namun tembakannya melenceng di samping gawang.

Menit ke-18, Australia mencoba membalas lewat tembakan jarak jauh Conor Metcalfe, namun arah tembakan jauh dari sasaran. Dua menit berselang, tembakan Craig Goodwin ditepis kiper Korsel, Jo Hyeon-woo.

Menit ke-33, Hwang Hee-chan hampir berhasil membobol gawang Australia. Hal itu terjadi usai menyambar umpan silang mendatar Seol Young-woo, namun dianulir oleh wasit karena Seol lebih dulu offside saat menerima umpan dari belakang.

Menit ke-42, tampaknya Korsel lengah dengan serangan Australia. Alhasil, kebobolan akbiat dari kesalahan umpan Hwang In-beom berujung serangan balik untuk lawan. 

Crossing Nathaniel Atkinson disambut Goodwin dengan tendangan voli ke sudut kiri gawang dan tak mampu dihalau Jo. 

Skor 1-0 bertahan hingga peliut wasit berbunyi panjang tanda babak pertama usai.

Pada babak dua, Korsel mendapat peluang bagus lewat Lee Kang-in pada menit ke-48, namun tembakan pemain Paris Saint-Germain itu berhasil digagalkan kiper Australia, Mathew Ryan. Itu menjadi shoton target pertama Korsel di laga ini.

Menit ke-54, Australia hampir saja menggandakan skor, namun Jo berhasil sundulan Martin Boyle. Bola liar disambar Boyle, namun kembali dihalau Jo. Bola liar lalu mengarah ke Mitchell Duke, namun tembakannya kali ini melambung.

Salin serang pun terus digencarkan, hingga pada menit ke-74, Duke kembali mendapat peluang lewat sundulan, namun Jo dengan sigap mengamankan gawangnya.

Selang 5 menit, Lee Jae-sung mendapat kans emas via umpan terobosan tepatnya di menit ke-79. Sayangnya dia gagal menguasai bola dengan baik dan dihalau oleh Ryan.

Pada menit ke-84, Crossing Jordan Bos dari sisi kiri disambut Duke yang bebas tak terkawal pada menit ke-84. Posisi Jo pun sudah tak mampu menjangkau bola, namun sundulannya melenceng tipis di samping kanan gawang.

Di menit ke-90+4, terjadi penalti untuk Korsel! Wasit pun menunjuk titik putih.

Hal itu terjadi karena pelanggaran Lewis Miller terhadap Son Heung-min di kotak penalti. Hwang maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan Ryan. Bomm!!! Skor menjadi imbang, 1-1 membuat laga berlanjut ke extra time.

Di babak tambahan waktu pertama, Korea langsung memberikan ancaman demi ancaman. Australia justru terdesak dan kesulitan membuat peluang hingga menit ke-96.

Korea akhirnya memimpin lewat tendangan bebas Son Heung-Min (103). Son jadi eksekutor tendangan bebas dari sisi kiri mengalahkan bola ke tiang dekat yang gagal dijangkau kiper M Ryan.

Skor 1-2 bertahan hingga akhir tambahan waktu pertama. Aiden O'Neill mendapatkan kartu merah setelah melanggar keras Hwang Hee-Chan (105').

Babak tambahan waktu kedua dimulai dengan rasa percaya diri Korea memberikan serangan untuk Australia. 

Pada menit ke-111, Son memberikan ancaman lewat tendangan keras yang masih bisa diamankan kiper Australia. Tidak ada tambahan gol, pertandingan berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Korea.

Susunan pemain

Australia (4-3-3): Mathew Ryan; Nathaniel Atkinson, Kye Rowles, Harry Souttar, Aziz Behich; Conor Metcalfe, Keanu Baccus, Jackson Irvine; Martin Boyle, Mitchell Duke, Craig Goodwin

Korea Selatan (4-2-3-1): Jo Hyeon-woo; Kim Tae-hwan, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Seol Young-woo; Park Yong-woo, Hwang In-beom; Lee Kang-in, Son Heung-min, Hwang Hee-chan; Cho Gue-sung