Imbang Lawan MU, Liverpool Gagal Geser Arsenal dari Puncak Klasemen Sementara

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 8 April 2024 03:00 WIB
Pemain Liverpool Mohamed Salah ketika mengeksekusi penalti melawan Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris yang berakhir dengan skor 2-2 di Old Trafford, Minggu (7/4/2024).
Pemain Liverpool Mohamed Salah ketika mengeksekusi penalti melawan Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris yang berakhir dengan skor 2-2 di Old Trafford, Minggu (7/4/2024).

Jakarta, MI - Duel bergengsi Manchester United vs Liverpool berakhir imbang dengan skor 2-2. Laga berlangsung sengit selama 90 menit, kedua tim bergantian unggul pada Minggu (7/4/2024), MU meladeni Liverpool di Old Trafford dalam laga pekan ke-32 Premier League 2023/2024. 

Liverpool begitu dominan di babak pertama. MU langsung menggebrak. Baru dua menit, Garnacho sempat menjebol gawang Kelleher, tapi langsung dianulir karena offside.

Liverpool pun merespons dengan mengimbangi intensitas MU. Laga berlangsung sengit dalam 15 menit pertama. The Reds lebih banyak mendapatkan peluang.

Pada babak ini, Liverpool mencetak satu gol melalui Luis Diaz pada menit ke-23. Umpan lambung Robertson dari sisi kanan, bola dibelokkan Nunez ke tiang jauh, disambut sepakan gunting Diaz dari jarak dekat.

Perubahan skor tidak banyak mengubah ritme pertandingan. Serangan demi serangan terus terjadi. Liverpool mendapatkan sejumlah peluang hingga 30 menit berjalan, Onana tampil cukup baik. 5 menit akhir, Liverpool masih menjaga intensitas serangan yang sama. Salah dan Szoboszlai bergantian mendapatkan peluang, tapi masih belum ada gol tambahan. Skor 0-1.

Memasuki awal babak kedua, baik MU dan Liverpool belum melakukan pergantian pemain. MU mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-50 berkat gol Bruno Fernandes. Gol berawal dari kesalahan bek Liverpool Jarell Quansah yang tidak sempurna saat mengoper kepada rekannya di depan garis gawang.

Bola kemudian dicuri Bruno Fernandes yang langsung mengarahkan bola ke gawang dan tak bisa digagalkan kiper Caoimhin Kelleher yang terlanjur maju. Skor pun berubah 1-1.

Menit ke-55, Liverpool mendapatkan peluang emas. Menyusul serangan balik, Darwin Nunez mendapat umpan di depan gawang. Namun, tendangan kaki kirinya hanya membuat bola lewat di depan ke gawang. 

MU berbalik unggul pada menit ke-67. Lewat serangan balik, MU membaut beberapa operan di gawnag Liverpool. Aaron Wan-Bissaka kemudian menguasai bola dan memberikannya kepada Mainoo. Pemain muda ini kemudian menendang bola ke arah sudut atas  dna tak bisa dijangakau Kelleher.

Menit ke-78, Liverpool kembali mendapat peluang emas. Salah melepaskan tendangan tepat ke mulut gawang. Namun, upayanya digagalkan Onana yang berhasil menepis bola.

Upaya Liverpool menyamakan kedudukan terwujud pada menit ke-84. Gol berawal dari pelanggaran yang dilakukan Aaron Wan-Bissaka terhadap pemain pengganti Hervey Elliot di kotak penalti.

Salah tampil sebagai eksekutor penalti, Mantan pemain Chelsea ini menedang bola dengan kaki kiri dan berhasil memperdaya Onana. Skor pun berubah 2-2. Hingga babak kedua berakhir dan tambahan waktu 10 menit tidak mengubah apa pun. Skor akhir 2-2 untuk laga Manchester United vs Liverpool.

Hasil ini pun membuat Liverpool gagal menggeser Arsenal dari puncak klasemen sementara, meski memiliki poin yang sama dengan klub London tersebut yaitu 71. Liverpool kalah jumlah selisih gol dari Arsenal.

Sedangkan MU akan semakin sulit untuk menembus lima besar setelah hasil ini. Skuat asuhan Erik Ten Hag kini tetap menduduki posisi enam dengan torehan 49 poin. Setan Merah tertinggal delapan poin dari Tottenham yang menempati peringkat lima. Liga Premier Inggris sendiri hanya menyisakan enam matchday lagi.

Susunan pemain

MAN UNITED (4-2-3-1): Onana; Dalot, Kambwala, Maguire, Wan-Bissaka; Mainoo (84' Mount), Casemiro; Rashford (66' Antony), Bruno, Garnacho (79' Amrabat); Hojlund

Pelatih: Erik ten Hag

LIVERPOOL (4-3-3): Kelleher; Robertson, Van Dijk, Quansah, Bradley (66' Gomez); Szoboszlai (66' Curtis), Endo (69' Elliott), Mac Allister; Diaz, Salah, Nunez (68' Gakpo)

Pelatih: Jurgen Klopp