Meski Gagal Jadi Juara 3, Erick Thohir Bangga Atas Pencapaian Garuda Muda

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 3 Mei 2024 17:01 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (Foto: PSSI)
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (Foto: PSSI)

Jakarta, MI - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, mengatakan pencapaian Timnas Indonesia U-23 atau Garuda Muda pada Piala Asia U-23 sudah membanggakan Indonesia meskipun belum lolos ke Olimpiade Paris 2023.

"Garuda Muda membanggakan. Pencapaian Garuda Muda di Piala Asia U-23 begitu luar biasa," ujar Erick seperti dikutip dari akun instagram pribadinya @erickthohir di Jakarta, Jumat (3/5/2024). 

Erick mengemukakan hal itu usai Garuda Muda harus menerima kekalahan dengan skor 2-1 dari Irak dalam laga memperebutkan posisi ketiga Piala Asia U-23 pada Kamis (2/5) malam.

Ia mengatakan, Garuda Muda tampil sebagai tim debutan, tetapi mampu menjadi salah satu dari empat tim terbaik di kejuaraan tingkat Asia.

Seluruh masyarakat Indonesia, kata dia, juga bersatu mendukung pelatih Shin Tae-yong bersama anak asuhnya yang sudah berjuang keras untuk memberikan yang terbaik.

"Ini bukan akhir, melainkan babak baru sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi," ujarnya.

Erick mengatakan, peluang Garuda Muda untuk bisa tampil pada Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka melalui laga melawan Guinea.

"Kita harus berjuang di pertandingan melawan Guinea," katanya.

Timnas Indonesia masih mengantongi satu peluang untuk bisa tampil dalam kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris melalui laga play off melawan wakil dari Afrika, Guinea, pada 9 Mei mendatang.

Guinea merupakan tim yang berstatus peringkat 4 Piala Afrika U-23 2023. Berdasarkan rangking FIFA yang dirilis pada April 2024, Guinea menempati peringkat ke-76 FIFA dengan 1.324,65 poin, sedangkan Indonesia berada di peringkat ke-134 FIFA dengan mengemas 1102,7 poin.