Israel Terancam Dibekukan dari FIFA, Timnas Indonesia Bisa Ketiban Rezeki Masuk Olimpiade Paris 2024

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 19 Mei 2024 11:06 WIB
Presiden FIFA, Gianni Infantino (kiri) dan Ketum PSSI, Erick Thohir (kanan) (Foto: Ist)
Presiden FIFA, Gianni Infantino (kiri) dan Ketum PSSI, Erick Thohir (kanan) (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Tim Nasional atau Timnas Indonesia U-23 disebut-sebut kembali berpeluang untuk bisa berlaga di ajang Olimpiade Paris 2024. Isu ini muncul karena salah satu peserta yaitu Israel disebut mendapat desakan untuk FIFA membekukan status dari federasi sepakbolanya. 

Itu artinya, Israel sama sekali tidak boleh mengikuti agenda sepak bola internasional yang khususnya dilaksanakan oleh FIFA. Alasan utama desakan ini muncul karena konflik berkepanjangan yang terjadi antara Israel dan Palestina.

Sudah ada lebih dari 34 ribu orang telah terbunuh akibat serangan Israel di Gaza. Kemudian melalui Federasi Sepak Bola Palestina (PFA) mulai menyerukan pemungutan suara anggota FIFA untuk memutuskan apakah status Israel bakal dibekukan. 

Namun, Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan Dewan FIFA baru bisa mengambil keputusan setelah adanya penilaian hukum.

Hanya saja, FIFA disebutkan harus menggelar rapat khusus terlebih dahulu untuk membahas masalah ini dan masa depan Israel di sepak bola pada 20 Juni. Dengan adanya permasalahan ini, Timnas Indonesia pun disebut-sebut bisa ketiban rezeki untuk berlaga di ajang Olimpiade Paris 2024.

Jika nantinya Israel dibekukan oleh FIFA dan status keanggotaan Israel dicabut, itu berarti mereka batal berlaga di ajang Olimpiade Paris 2024.

Nantinya jika hal ini benar-benar terjadi, peluang skuad Garuda kembali terbuka untuk berlaga di ajang pesta olahraga terbesar di dunia itu.

Namun, terkait masalah ini belum ada regulasi valid yang menuliskan pengganti Israel bila memang tidak boleh tampil di Olimpiade 2024