Swiss Singkirkan Italia 2-0, Lolos Perempat Final Piala Eropa 2024

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 30 Juni 2024 01:10 WIB
Pertandingan Swiss vs Italia di babak 16 besar Euro 2024, Sabtu (29/6/2024)
Pertandingan Swiss vs Italia di babak 16 besar Euro 2024, Sabtu (29/6/2024)

Berlin, MI - Swiss vs Italia dalam laga 16 besar Piala Eropa 2024 di Olympiastadion, Sabtu (29/6/2024) waktu setempat.

Hasilnya, Swiss mengalahkan Italia 2-0

Babak pertama

Swiss mampu mengancam lebih dulu pada menit ke-12, namun tembakan Dan Ndoye melebar di sisi kiri gawang Italia. Sebuah peluang manis kemudian hadir di menit ke-24.

Breel Embolo lolos dari jebakan offside dan tinggal menghadapi Donnarumma, namun tembakannya sukses ditepis kapten Italia tersebut. Swiss yang tampil menekan terus berupaya membongkar pertahanan Gli Azzurri.

Ricardo Rodriguez mendapat ruang tembak di luar kotak penalti pada menit ke-32, tetapi tembakannya melambung di atas gawang Donnarumma. Dominasi Swiss membuahkan hasil di menit ke-37.

Freuler merangsek masuk kotak penalti untuk menyambut umpan silang kencang dari Ruben Vargas, mengontrolnya sejenak, lalu melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang Italia. Meski sempat mengenai Donnarumma, bola tetap bersarang masuk.

Unggul satu gol tak membuat Swiss puas. Hampir saja gol kedua tercipta andai Donnarumma tak tampil heroik untuk menepis tendangan bebas Fabian Rieder di menit ke-45. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua

Swiss kembali mengejutkan Italia dengan mencetak gol cepat di awal babak kedua. Ruben Vargas mencetak gol dari dalam kotak penalti Italia untuk membawa Swiss unggul 2-0.

Gol Ruben Vargas terlihat begitu sangat indah. Ia melepaskan tembakan melengkung ke sudut kiri atas gawang Italia yang tidak mampu dijangkau Donnarumma. 

Tertinggal dua gol, Italia masih belum bisa keluar dari tekanan Swiss. Gli Azzuri masih kesulitan menyalurkan bola ke depan, karena Swiss menerapkan garis pertahanan tinggi.

Italia akhirnya mendapat peluang emas pada menit ke-74. Namun sontekan Gianluca Scamacca masih membentur tiang sebelah kanan gawang Swiss. 

Italia baru mampu keluar dari tekanan Swiss pada akhir babak kedua, tapi serangan mereka masih kurang tajam. Sementara Swiss juga kerap kali memiliki peluang lewar serangan balik berbahaya.

Kedua tim masih saling jual beli serangan di sisa babak kedua, namun tak ada gol tambahan tercipta. Alhasil, Swiss mampu memenangkan pertandingan atas Italia dengan skor akhir 2-0.

Kemenangan ini membuat Swiss menyungkirkan Italia dan lolos perempat final Piala Eropa 2024. Swiss akan menghadapi pemenang antara Inggris dan Slovenia yang baru akan bertanding pada Minggu (30/6/2024) malam.

Susunan pemain

Swiss: Yann Sommer, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Michel Aebischer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Fabian Rieder, Ruben Vargas, Dan Ndoye, Breel Embolo.

Italia: Gianluigi Donnarumma, Matteo Darmian, Alessandro Bastoni, Gianluca Mancini, Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, Nicolo Fagioli, Bryan Cristante, Stephan El Shaarawy, Gianluca Scamacca, Federico Chiesa.