Atlet PPLP Maluku Menempati Podium Satu Kejurna Dayung di Sulbar

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 1 Juli 2024 17:03 WIB
Atlet PPLP Dayung Maluku menempati podium satu pada Kejurnas Dayung. (Foto: Antara)
Atlet PPLP Dayung Maluku menempati podium satu pada Kejurnas Dayung. (Foto: Antara)

Ambon, MI - Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Maluku berhasil meraih dua medali yakni satu emas dan satu perunggu pada Kejuaraan nasional dayung di Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar).

“Keberhasilan atlet PPLP dayung Maluku pada Kejurnas tahun ini merupakan bagian dari proses-proses latihan dan Kejurnas ini merupakan bagian dari proses-proses evaluasi pada tingkat PPLP dan SKO se-Indonesia,” ujar Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Maluku Ois Nirahua dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin (1/7/2024).

Dua medali yang berhasil dibawa pulang oleh PPLP dayung Maluku masing-masing dipersembahkan oleh Vanessa Batuwael dan Viana Nikolebu pada nomor W2x dan W2.

Keberhasilan kedua atlet tersebut selain berjaya menyumbangkan satu medali emas dan satu medali perak juga membuat PPLP dayung Maluku berhasil naik ke peringkat 8 Nasional.

“Maluku sendiri hanya mengikutkan lima atlet namun bisa berhasil meraih prestasi terbaik pada kejurnas tahun 2024 sehingga PPLP Maluku bisa berhasil berada pada peringkat 8 nasional,” ucap Nirahua.

Dirinya juga mengatakan bahwa keberhasilan atlet PPLP dayung Maluku tersebut merupakan motivasi bagi seluruh cabang olahraga di bawah naungan PPLP Maluku guna menyongsong event lebih besar lagi seperti Pekan olahraga pelajar nasional (Popnas) yang rencananya akan diselenggarakan pada November 2024.

Sementara itu berdasarkan hasil penghitungan jumlah medali, PPLPD Jawa Barat menempati peringkat satu dengan megoleksi tiga medali emas satu medali perak dan tiga medali perunggu.

Maluku yang berada pada peringkat kedelapan diapit oleh pesaing tangguhnya yaitu PPLP DKI Jakarta dengan mengoleksi satu emas, satu perak, dua perunggu pada peringkat tujuh dan PPLP Papua dengan torehan satu emas dan satu perunggu pada peringkat sembilan.

Hasil ini membuat cabang olahraga dayung Maluku pada tingkat PPLP menjadi salah satu yang disegani karena dapat masuk 10 besar dari 19 PPLP lainnya se-Indonesia. (AM)