Kamaru Usman:  Nate Diaz Bukan Lagi Petarung Kelas Dunia

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 9 Juli 2024 15:48 WIB
Petarung kelas welter Ultimate Fighting Championship Kamaru Usman. (Foto: Antara)
Petarung kelas welter Ultimate Fighting Championship Kamaru Usman. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Petarung kelas welter Ultimate Fighting Championship (UFC) Kamaru Usman menilai Nate Diaz tidak memiliki kemampuan yang cukup diperhitungkan untuk bersaing lagi dalam memperebutkan gelar juara UFC.

Usman menyampaikan hal itu menanggapi pernyataan mantan petarung UFC Diaz Nate yang menyerukan pertandingan ulang dengan Jake Paul atau juara kelas welter UFC Leon Edewards setelah ia mengalahkan Jorge Masvidal dalam pertandingan tinju di Anaheim, California.

"Diaz sama sekali tidak termasuk dalam perebutan gelar UFC yang sah pada tahap karirnya saat ini," kata  Kamaru sebagaimana dikutip dari laman resmi MMA fighting di Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Usman mengatakan, Diaz memang membuat nama besar untuk dirinya sendiri. Diaz menuai pujian karena masih memiliki ketenaran untuk bisa bertanding dan mendapatkan gaji bagus karena dia mendapatkan semua pertarungan bagus di luar MMA UFC.

"Tapi ayo lah, untuk mengatakan Nate Diaz akan kembali dan bertarung melawan petarung seni bela diri campuran kelas dunia saat ini di UFC, ayo lah. Itu tidak masuk akal. Itu gila," ucapnya.

Diaz sendiri pernah dikalahkan Paul melalui keputusan mayoritas pada Agustus 2023 lalu dalam debut tinju Diaz setelah 15 tahun bersama UFC di Texas.​​​​​​​ Selain itu, Diaz dan sejarahnya bersama Edwars juga menjadi sorotan setelah keduanya bentrok di UFC 263 pada Juni 2021. Meskipun Edwards sempat didaratkan Diaz pada ronde kelima, serangan akhir dari Edwards membuat sang juara masa depan tampak goyah.

Usman mengatakan tidak yakin bahwa sorotan (pertandingan Diaz dengan Edwards) yang sering diulang-ulang itu cukup penting ketika menilai potensi pertarungan. Ia mengatakan, Diaz mendaratkan pukulan licik setelah Edward menghajarnya selama empat setengah ronde dalam pertandingan itu. Namun hal itu tidak cukup untuk membawanya kembali dalam pertandingan ulang.

"Pada akhirnya, dia (Diaz) mendaratkannya, itu adalah pukulan yang luar biasa, namun hal itu tidak menjamin dia, karena itu, dia memiliki satu momen dalam pertarungan, tetapi ia diberikan kesempatan perebutan gelar hanya karena itu? Serius lah," pungkasnya.

Usman memuji Diaz atas daya tahan dan kekuatan namun tidak menyetujui gagasan bahwa Diaz harus melewati salah satu lini pesaing di UFC.

Jika Diaz masih mencari nama-nama besar untuk dilawan, Usman menyarankan gagasan Diaz menindaklanjuti tawaran uang besar Paul sebelumnya untuk melawannya di Professional Fighting League (PFL) atau pertarungan trilogi Conor McGregor yang telah berlangsung selama bertahun-tahun sejak seri dua pertarungan mereka yang mengesankan pada tahun 2016.

“Nate Diaz, PFL dan Jake Paul akan menawarkan anda 15 juta dolar untuk masuk ke MMA dan melawannya di MMA. Aku ambil itu, Nate Diaz,” paparnya. (AM)