Piala Presiden 2024 Diikuti 8 Tim, Nilai Sponsor Masuk Sudah Rp 48 Miliar

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 15 Juli 2024 13 jam yang lalu
Ketua SC Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait (Foto: Antara)
Ketua SC Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Maruarar Sirait, mengatakan dana sponsor sebesar Rp 48 miliar sudah masuk panitia untuk terselenggaranya turnamen pramusim yang dimulai pada, Jumat pekan ini.

Ara sapaannya menjelaskan, semua dana itu murni dari pihak swasta, bukan dari APBN, APBD, dan bantuan BUMN.

"Tadi saya dapat laporan, per hari ini sudah ada masuk Rp 48 miliar uang sponsor," kata Ara dalam konferensi pers di SCTV Tower, Jakarta, Senin (15/7/2024). 

Kata Ara, dana itu adalah bentuk kepercayaan sponsor, terlebih keuangan turnamen ini dikelola secara transparan.

"Jumlah dana itu menunjukkan industri olahraga bisa dipercaya sehingga reputasinya bisa mendatangkan para sponsor atau stakeholder," ujar Ara.

Ara optimis, nilai sponsor yang masuk masih akan terus bertambah karena panitia pelaksana masih gencar menggalang kerja sama dengan banyak pihak demi menginformasi turnamen sepak bola di Indonesia itu.

Dia menambahkan, dana itu akan dipakai sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan dan diawasi oleh firma akuntansi internasional PricewaterhouseCoopers (PwC) sehingga perputaran uang bisa terpantau secara terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan.

Piala Presiden 2024 adalah edisi keenam turnamen tidak resmi FIFA setela 2015, 2017, 2018, 2019, dan 2022, serta melibatkan delapan tim Liga 1.

Pada 2015 Persib menjuarai turnamen ini, Arema FC menjuarai tiga edisi (edisi 2017, 2019, 2022), dan Persija juara pada 2018.

Tahun ini, turnamen itu dimulai dan dibuka di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 19 Juli 2024.

Juara turnamen ini mendapat uang tunai sebesar Rp 5 miliar yang merupakan terbanyak sejak turnamen tersebut pertama kali diselenggarakan.

Kedelapan tim dalam turnamen ini dibagi ke dalam dua grup, yaitu A dan B.

Empat tim Grup A bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, yakni tuan rumah Persib Bandung, Borneo FC, Persis Solo, dan PSM Makassar.

Sedangkan Grup B diisi oleh Arema FC, Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta. Semuanya berlaga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Dua tim teratas dari kedua grup berhak lolos ke semi final. Laga semi final, perebutan tempat ketiga dan final akan digelar di Stadion Manahan, Solo.