Fahmi/Riky Pembalap Indonesia Raih Podium ARRC UB150 di Mandalika

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 27 Juli 2024 7 jam yang lalu
Dua pembalap Indonesia Fahmi dan Riky saat swafoto usai juara di ARRC Sirkuit Mandalika. (Foto: Antara)
Dua pembalap Indonesia Fahmi dan Riky saat swafoto usai juara di ARRC Sirkuit Mandalika. (Foto: Antara)

Mandalika, MI - Sebanyak dua pembalap Indonesia Fahmi Basam dan Riky Ibrahim naik podium pada putaran 1 Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Underbone 150cc yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (27/7/2024).

Fahmi, pembalap tim Yamaha LFN HP969, yang mengawali balapan dari grid 10 besar berhasil mengalahkan rekan pembalap dari Malaysia MD Akid Azis yang finis di urutan kedua, sedangkan pembalap Indonesia Riky Ibrahim finis di urutan ketiga.

Di lintasan Sirkuit Mandalika sepanjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan dalam delapan putaran tersebut Fahmi berhasil mencatat waktu dengan total 15 menit 38.283 detik dan urutan kedua Akid mencatatkan waktu 15 menit 38.356 detik, sedangkan Riky Ibrahim 15 menit 38.642 detik.

Persaingan di antara pembalap cukup ketat, di mana pembalap Indonesia Aldiaz dan Dimas, sempat memimpin balapan, namun di lap terakhir Aldiaz asal NTB harus puas finis di urutan 10 besar.

Sedangkan Dimas finis di urutan 20 besar dan sejumlah pembalap lainnya di lap terakhir juga berjatuhan. "Di sesi awal balapan saya mengalami kesulitan karena ada kendala di mesin," ujar Fahmi.

Meskipun mengalami kesulitan, Fahmi tetap berpikir positif untuk bisa menyelesaikan balapan dan tetap berusaha lebih baik di setiap putaran race.

"Saya tetap berupaya terbaik. Dua pembalap Indonesia raih podium ARRC 2024 UB150 di Sirkuit Mandalika di setiap putaran balapan dan berhasil menjadi tercepat. Terima kasih kepada keluarga dan semua yang selalu mendoakan agar bisa juara," ucapnya.

Sementara itu, Riky Ibrahim menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan untuk ikut dalam ARRC 2024. "Saya sempat mengalami trouble mesin di gigi, tetap berpikir positif dan rezeki peringkat tiga," ungkapnya.

Pada seri keempat Asia Road Racing Championship di Sirkuit Mandalika, NTB tersebut diikuti 94 pembalap dari 14 negara, berlangsung pada 26-28 Juli. Pembalap tersebut berasal dari Australia, China, Jerman, Hong Kong, Indonesia, India, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Yaman.

Sementara itu kelas yang dilombakan dalam ARRC 2024 ini di antaranya kelas Asia Superbike 1000cc, kelas Supersports 600cc, kelas Asia Production 250cc, kelas Underbone 150cc.