Pembalap Mercedes Russel Didiskualifikasi dari GP Belgia

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 29 Juli 2024 2 jam yang lalu
George Russell. (Foto: Antara)
George Russell. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Pembalap Mercedes, George Russel didiskualifikasi dari GP Belgia usai mobilnya dinyatakan tidak mencapai batas berat minimum. Laporan Delegasi Teknis yang dirilis setelah balapan menyatakan bahwa, mobil pada awalnya ditemukan sesuai dengan berat minimum 798kg.

Namun setelah menguras bahan bakar 2,8 liter, ditemukan bahwa mobil itu tidak mencapai bobot minimum. "Mobil tersebut tidak sepenuhnya bahan bakarnya terkuras sesuai prosedur pengurasan yang disampaikan oleh tim dalam dokumen legalitasnya sebagaimana TR Pasal 6.5.2 terpenuhi," tulis laporan Formula 1, Senin (29/7/2024).

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu, Russell mencatatkan waktu tercepat 1 jam 19 menit 57,040 detik dan mengungguli rekan setimnya, Lewis Hamilton yang finis di podium kedua.

Russell meraih kemenangan tersebut dengan menerapkan strategi satu kali pit stop, yang membuatnya menjaga kondisi ban kerasnya selama balapan. "Mobil itu ditimbang lagi pada timbangan dalam dan luar FIA dan beratnya 796,5 kg. Kalibrasi timbangan luar dan dalam dikonfirmasi dan disaksikan oleh pesaing," cuit formula 1.

"Karena ini 1,5 kg di bawah berat minimum yang diminta dalam TR Pasal 4.1, yang juga harus dihormati setiap saat selama kompetisi, saya merujuk masalah ini kepada steward untuk pertimbangan mereka," tulis Formula 1.

Dengan hukuman diskualifikasi yang diterima pembalap Inggris tersebut maka posisi teratas GP Belgia kini ditempati oleh Lewis Hamilton disusul oleh pembalap McLaren, Oscar Piastri dan podium ketiga ditempati oleh pembalap Ferrari, Charles Leclerc. "Kami harus menerima keputusan ini dan kami memutuskan melawan diri kami sendiri. Begitulah adanya, kesalahan telah terjadi," pungkas Bos Mercedes, Toto Wolff.