Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Gregoria Mariska Sumbang Medali

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 5 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Atlet Tunggal Wanita Badminton Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung yang lolos ke babak 16 besar Olimpiade Paris 2024. (Foto: Dok. BWF)
Atlet Tunggal Wanita Badminton Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung yang lolos ke babak 16 besar Olimpiade Paris 2024. (Foto: Dok. BWF)

Jakarta, MI - Gregoria Mariska Tunjung meraih medali perunggu atau juara ketiga dalam cabang olahraga badminton tunggal putri pada Olimpiade Paris 2024. Ini sekaligus merupakan medali pertama yang diraih Indonesia dalam Olimpiade Paris.

“Kontingen Merah Putih dipastikan berhasil meraih medali perunggu pertama di Olimpiade @paris2024 melalui tunggal putri bulu tangkis, Gregoria Mariska Tunjung, setelah tunggal putri Spanyol, Carolina Marin, mengundurkan diri karena mengalami cedera” dikutip dari laman sosial media Instagram Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Minggu (4/8/2024)

Perolehan medali perunggu kembali mengulang raihan tunggal putri pada Olimpiade Beijing 2008 lalu, yaitu Maria Kristin Yulianti. “Jorji berhasil mengulang raihan medali perunggu tunggal putri sejak terakhir diraih oleh Maria Kristin Yulianti pada Olimpiade Beijing 2008” tulis akun tersebut.

Atlet asal Spanyol Carolina Marin mengalami cedera pada bagian lutut saat menjalani laga semi final menghadapi He Bingjiao pada set kedua saat skor 10-8. Sebab dari insiden tersebut, Marin dipaksa untuk mengakhiri pertandingan hingga menggunakan kursi roda ke luar lapangan.

Nasib atlet asal Indonesia Georgia, yang sudah menunggu di pertandingan perebutan juara tiga atau perebutan medali perunggu akhirnya secara otomatis memenangkan pertandingan dikarenakan Marin tidak bisa menjalani laga tersebut.

Sebelumnya, Georgia dikalahkan oleh tunggal putri asal Korea Selatan, An Se Young yang merupakan tunggal putri peringkat satu di dunia. Pada laga semifinal tersebut, Georgia kalah secara dramatis dengan hasil akhir 2-1.