Pegulat Putri Amit Elor Raih Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 7 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Pegulat putri Amerika Amit Elor. (Foto: Antara)
Pegulat putri Amerika Amit Elor. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Pegulat putri Amit Elor menjadi orang Amerika Serikat termuda yang berhasil meraih medali emas Olimpiade untuk olahraga gulat yang diraih pada Olimpiade Paris 2024.

Pegulat fenomenal berusia 20 tahun asal California itu menyelesaikan laju dominasinya di kelas berat 68 kg dengan kemenangan penutup setelah mengalahkan Meerim Zhumanazarova dari Kyrgyzstan dengan skor 3-0 pada Olimpiade Paris.

Kemenangan tersebut menobatkan Elor sebagai orang Amerika termuda yang pernah memenangkan medali emas dalam gulat, melampaui Kyle Snyder, yang mengklaim gelar tersebut setelah ia memenangkan emas pada tahun 2016.

Elor diliputi emosi setelah kemenangan tersebut saat dia merayakannya bersama pelatihnya, mantan penantang gelar UFC Sara McMann, yang merupakan wanita Amerika pertama yang memenangkan medali di Olimpiade setelah dia meraih medali perak pada pertandingan Olimpiade Athena 2024 silam.

"Saya tidak percaya bahwa saya menjadi juara Olimpiade,” ujar Elor setelah kemenangannya sebagaimana dilansir dari laman MMA fighting di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Ia mengatakan, perolehan medali emas Olimpiade adalah puncak prestasi yang menjadi impian sepanjang hidupnya.

Elor mengungkapkan, dalam beberapa bulan terakhir, terutama setelah masuk tim Olimpiade, ia menerima banyak pesan dari para perempuan muda yang mengatakan bahwa dirinya adalah inspirasi bagi mereka.

Oleh sebab itu, ia berharap prestasinya menjadi motivasi bagi para pendukung untuk mengejar impian mereka dengan semangat pantang menyerah seperti yang dilakukannya.

Elor menerobos kompetisi di kelas 68kg, yang merupakan rumah baru baginya setelah memenangkan dua kejuaraan dunia di kelas 72kg. Selama empat pertandingan menuju medali emas, Elor mengungguli pesaingnya dengan total nilai 31-2.

"Saya membagikan medali ini kepada seluruh keluarga saya. Saya membagikan medali ini kepada seluruh negara saya. Menjadi juara Olimpiade adalah salah satu hal tersulit di seluruh dunia," paparnya.

Kerja keras Elor membuahkan hasil menjadi orang Amerika pertama yang memenangkan medali gulat di Olimpiade 2024. Sementara rekan setimnya Sarah Hildebrandt masih berusaha bergabung dengannya saat dia bergulat demi emas pada hari Rabu waktu setempat.