Mantap! Bonus Rp6 Miliar bagi Atlet Indonesia Peraih Medali Emas

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 9 Agustus 2024 2 jam yang lalu
Lifter Indonesia Rizki Juniansyah berpose dengan medali emasnya.(Foto: Antara)
Lifter Indonesia Rizki Juniansyah berpose dengan medali emasnya.(Foto: Antara)

Jakarta, MI - Pemerintah telah menyiapkan bonus bagi atlet-atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 sekitar Rp6 miliar sebagai bentuk apresiasi.

"Kisarannya 1 medali emas mungkin Rp5 miliar, Rp6 miliar ya sekarang, mungkin bisa ditambah lagi," kata Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Kemenpora Yohan di Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Yohan mengatakan angka tersebut masih tentatif tergantung arahan dari Presiden Joko Widodo. Bahkan bisa saja bonus yang didapatkan atlet bertambah dari rencana awal. "Nanti tergantung dari kebijakan Bapak Presiden tentunya yang akan memberikan biasanya Bapak Presiden," ujarnya.

Saat ini Indonesia berhasil mengumpulkan 2 medali emas dan satu perunggu di Olimpiade Paris 2024. Veddriq Leonardo menyumbang emas pada cabang olahraga panjat tebing dan Rizki Juniansyah di cabang angkat besi kelas 73 kg.

Sementara medali perunggu disumbangkan atlet bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung. Indonesia berpeluang menambah medali dari cabang angkat besi lewat Nurul Akmal yang berlomba di nomor 81 kg putri.

Yohan mengatakan Pemerintah mengapresiasi seluruh atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 baik yang mendapat medali maupun yang belum beruntung. Ia yakin seluruh atlet telah mengeluarkan kemampuan terbaiknya demi mengharumkan nama Indonesia.

"Tentunya para pengurus cabor-cabor juga sungguh luar biasa dalam hal pembinaan. Memang nasib kita saja belum begitu beruntung untuk bisa mendapatkan semuanya," tuturnya.

"Harapannya di Los Angeles 2028 tentunya kita akan lebih genjot lagi supaya perolehan medali emas ini dapat terus bertambah demi kejayaan Indonesia," sambungnya.