Euro 2024: Jerman, Spanyol dan Portugal Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar

Nicolas
Nicolas
Diperbarui 23 Juni 2024 21:41 WIB
Timnas Portugal lolos 16 besar Euro 2024
Timnas Portugal lolos 16 besar Euro 2024

Jakarta, MI - Tim nasional Jerman, Spanyol dan Portugal menjadi negara yang memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 pada pekan kedua. Dilansir dari laman UEFA, Minggu (23/6/2024), ​​​​​​Jerman yang berstatus sebagai tuan rumah menjadi negara pertama yang memastikan tiket ke babak 16 besar usai mengamankan dua kemenangan di dua pertandingan Grup A menghadapi Skotlandia dan Hungaria.

Tim Panzer yang kini mempunyai perolehan enam poin dengan margin enam gol secara matematis tidak akan tergeser dari posisi kedua grup meski masih menyisakan satu pertandingan. Jamal Musiala dan kawan-kawan kini menjadi pemuncak klasemen sementara grup A dengan enam poin, di peringkat kedua diikuti oleh Swiss yang mengemas tiga poin sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh Skotlandia dengan koleksi satu poin. Sedangkan Hungaria berada di dasar klasemen tanpa koleksi poin.

Menyusul langkah Jerman, Spanyol yang digdaya di Grup B yang notabene grup neraka memastikan satu tiket ke babak 16 besar usai mengemas enam poin dari dua pertandingan yang telah dilakoni. La Roja yang berada di Grup B, kini memimpin klasemen sementara unggul atas Italia yang berada di peringkat kedua dengan torehan tiga poin lalu Albania dan Kroasia yang kini sama-sama mengemas satu poin.

Jawara Piala Eropa 2016, Portugal menjadi negara ketiga yang mengunci tiket babak 16 besar Piala Eropa menyusul hasil dua kemenangan yang diraih dalam dua pertandingan terakhir. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kini menjadi pemuncak klasemen Grup F dengan mengoleksi enam poin disusul oleh Turki di peringkat kedua dengan raihan tiga poin. Sementara Republik Ceko dan Georgia secara berurutan berada di peringkat ketiga dan keempat dengan masing-masing sama-sama mengemas satu poin.

Dalam sistem babak grup Piala Eropa, dua tim teratas di masing-masing Grup A hingga F pada klasemen akhir dipastikan secara otomatis untuk melenggang ke babak 16 besar. Lalu untuk empat slot tersisa akan diperuntukkan peringkat ketiga terbaik pada enam grup tersebut.

Sumber: Uefa