Ombudsman Bilang Telkom Penyebab Kegagalan PPDB DKI

  • Whatsapp
Ombudsman Bilang Telkom Penyebab Kegagalan PPDB DKI

Monitorindonesia.com – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jakarta Raya menuding Telkom selaku provider sebagai penyebab kegagalan PPDB DKI tahun ajaran 2021/2022 yang dilakukan secara online.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P Nugroho mengatakan, Telkom selaku provider penyelenggara PPDB secara online tidak maksimal dalam menyiapkan perangkat Termasuk server dan bandwidth yang memadai.

BUMN tersebut kata Teguh salah memperhitungkan kemampuan server dan bandwidthnya sehingga mengganggu pelayanan pendaftaran hari pertama jenjang SD, SMP dan SMA. Padahal sebelumnya, Telkom sudah melakukan uji coba satu bulan sebelum penyelenggaraan PPDB DKI dibuka. “Seharusnya Telkom sudah bisa memprediksi kebutuhan sarana dan prasarananya dalam menghadapi kemungkinan ledakan traffic saat pendaftaran berkaca pada PPDB tahun 2021,” lanjut dia.

Teguh Melanjutkan, saat terjadi kendala di hari pertama pembukaan PPDB, Telkom melakukan mitigasi dengan melakukan penambahan dua server untuk mempercepat proses.

“Telkom hanya memberikan dampak sedikit dengan melakukan mitigasi teknis untuk mengantisipasi kegagalan tersebut dan membuat Disdik DKI membuat mitigasi dalam alur proses,” tandasnya.

Diketahui PPDB DKI Jakarta tahun ajaran 2021/2022 telah dibuka secara serentak sejak 7 Juni. Lantaran berlangsung di masa Pandemi, masyarakat bisa mendaftar secara online melalui situs PPDB DKI.

Sayangnya, pendaftaran hari pertama mengecewakan masyarakat. Sebab situs PPDB DKI tidak bisa diakses untuk membuat akun. Akibat permasalahan itu, Pemprov DKI memperpanjang waktu PPDB hingga 11 Juni 2021. (Zat)

Pos terkait