Orang Miskin Masih Banyak, Kok Gubernur Sumsel Borong Pakaian Dinas seharga Rp1,1 Miliar!

Uchok Sky Khadafi - Direktur Eksekutif Center For Budget Analisis (CBA)

Uchok Sky Khadafi - Direktur Eksekutif Center For Budget Analisis (CBA)

Diperbarui 21 Mei 2024 13:27 WIB
Uchok Sky Khadafi, Direktur Eksekutif Center For Budget Analisis (CBA) (Foto: Dok MI/Pribadi)
Uchok Sky Khadafi, Direktur Eksekutif Center For Budget Analisis (CBA) (Foto: Dok MI/Pribadi)

PADA tahun 2023 DPRD memborong pakaian dinas dan atribut anggota DPRD DKI sebesar Rp 1,8 miliar. Dan realisasi Rp1.8 miliar ini dibagi untuk 106 anggota dewan. Lumayan banget, setiap Anggota DPRD mendapat sebesar Rp 17 jutaan lebih dikit.

Selain DKI Jakarta, di Sumatera Selatan juga memborong pakaian dinas. Mungkin, tidak mau ketinggalan "tren" atau dikatain kuno, para pejabat paling tinggi di sumsel  juga pengen mendapat jatah pakaian dinas seperti Anggota dewan, DPRD DKI Jakarta.

Sehingga melalui Biro Umum dan Perlengkapan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan memborong pakaian dinas untuk bos mereka, yaitu Gubernur dan wakil Gubernur.

Tidak mau kalah dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Biro umum memborong pakaian dinas pada tahun 2023 sampai dua kali membeli pakaian dinas, demi dipersembahkan buat Gubernur dan wakil Gubernur.

Pengadaan atau  memborong pakaian dinas Gubernur dan wakil Gubernur Provonsi Sumsel yang pertama, sekitar antara bulan september sampai oktober 2023. Realisasi anggaran yang dihambur - hamburkan sebesar Rp.680.000.000

Kemudian Pengadaan atau  memborong pakaian dinas yang kedua terjadi pada bulan oktober sampai November 2023. Dan realisasi anggaran yang dihabiskan sebesar Rp.500.000.000.

Jadi, Biro umum dalam dua bulan harus memborong pakaian dinas sebesar Rp.1.1 miliar.Dan realisasi miliar rupiah ini luar biasa Besar, bisa juga dianggap sebagai pemborosan yang memang disengaja.

Namun demikian, realisasi Rp.1.1 miliaran bukan hanya diperuntukan untuk Gubernur Sumsel saja. Realisasi sebesar Rp.1.1 miliaran, termasuk ada jatah untuk wakil Gubernur. Sedangkan jatah pakaian dinas atau baju lebaran buat rakyat miskin nanti dulu ya..

Yang lebih penting dan yang lebih utamakan adalah pembagian jatah pakaian dinas buat Gubernur dan wakil Gubernur sumsel dulu. Mungkin kedua pejabat tinggi pejabat sumsel ini, tidak punya duit, atau kekurangan duit. Sehingga harus dialokasikan dalam APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), hanya untuk memborong sepotong, selembar atau lebih sepaket pakaian dinas.

Maka dari gambaran ini, Kami dari CBA meminta kepada KPK untuk menelisik realisasi anggaran memborong pakaian dinas Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel ini. Realisasi sebesar Rp.1.1 miliaran terlalu besar untuk diberikan hanya dua orang saja.

Padahal jumlah orang miskin di Sumsel menurut Badan Pusat Statistik (BPS) masih 1,044 juta jiwa. Dan jumlah orang miskin ini lumayan banyak sekali. Tetapi kenapa realisasi anggaran sebesar Rp.1.1 miliaran bukan dipakai untuk menuntaskan akar kemiskinan di Provinsi Sumsel?

Opini Terkait