Pajak Daerah Online, Ini Cara Daftar e-SPPT PBB-P2

  • Whatsapp
Pajak Daerah Online, Ini Cara Daftar e-SPPT PBB-P2

Monitorindonesia.com – Pemprov DKI Jakarta menerbitkan layanan pajak berupa e-SPPT PBB-P2. Hal itu sebagai implementasi digitalisasi pajak daerah.

Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta, Sri Haryati menjelaskan, untuk mendapatkan e-SPPT PBB-P2 Tahun 2021, masyarakat terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran secara online. Pendaftaran e-SPPT PBB-P2 bisa diakses secara mandiri oleh wajib pajak pada website https://pajakonline.jakarta.go.id/esppt atau pun pada aplikasi JAKI yang dapat diunduh pada Playstore atau Appstore.

“Informasi lengkap mengenai tutorial dan pendaftaran e-SPPT DKI Jakarta bisa diperoleh di website resmi Bapenda DKI Jakarta di tautan :https://bapenda.jakarta.go.id/2020/12/07/penyampaian-sppt-pbb-p2-dki-jakarta-tahun-2021-disampaikan-secaraelektronik-e-sppt-pbb-p2/,” beber dia.

Sedangkan untuk pendaftaran e-SPPT PBB melalui aplikasi JAKI, disebutjan Sri Haryati, informasinya bisa diperoleh di tautan : https://bapenda.jakarta.go.id/2020/12/30/aplikasi-jaki/

“Kemudian, setelah wajib pajak berhasil mendaftar e-SPPT, wajib pajak akan mendapatkan pemberitahuan melalui Email Terdaftar yang berisikan dokumen SPPT PBB-P2 elektronik tahun berjalan. Hal itu bisa diakses lewat HP atau komputer,” ucap dia.

“Dokumen SPPT PBB-P2 Yang dikirimkan merupakan dokumen valid karena telah dilengkapi QR Code dan penanda digital untuk verifikasi Keasliannya,” imbuh Sri Haryati.

Sri Haryati menambahkankan, adapun bagi wajib pajak yang memerlukan data SPPT PBB-P2 tahun sebelumnya seperti data tagihan dan data pembayaran PBB-P2 wilayah DKI Jakarta bisa mengakses tautan : https://pajakonline.jakarta.go.id/esppt/informasi_sppt yang Selanjutnya bisa dicetak secara mandiri oleh Wajib Pajak apabila diperlukan.

“Apabila terdapat kendala dalam proses pendaftaran e-SPPT PBB-P2 ini, termasuk apabila terdapat kebutuhan perbaikan atau perubahan atas data-data yang tercantum dalam SPPT PBB-P2, masyarakat dapat menghubungi call center Bapenda DKI Jakarta di nomor 1500-177 atau email callcenter.pajakdki@jakarta.go.id, serta dapat menghubungi Kantor Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah (UPPPD) setempat,” pungkasnya. (Zat)

Pos terkait