PAN Tak Terganggu Kehadiran Partai Ummat

  • Whatsapp
susunan-pengurus-partai-ummat
Deklarasi Partai Ummat.[MI/Foto]

Monitorindonesia.com – Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais secara resmi mendeklarasikan Partai Ummat paa Jumat (30/4/2021) kemarin. Keberadaan partai Ummat itu dinilai tak menggembosi elektoral PAN yang kini dipinpin Zulkifli Hasan itu.

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, PAN merasa tidak terganggu dengan kemunculan Partai Ummat. Alasannya, PAN dan Partai Ummat memiliki perbedaan ideologi politik.

Bacaan Lainnya

“Perbedaan ideologi politik partai akan menyebabkan perbedaan basis sosial di masyarakat. Basis konstituen tentu berbeda,” jelas Viva Yoga, Sabtu (1/5/2021).

PAN, kata Viva, menganut ideologi Nasionalis Religius. Sementara Partai Ummat berideologi Islam.

Viva mengatakan, kader dan pengurus PAN dari pusat sampai daerah tetap solid, kompak, berkomitmen, dan militan sebagai pejuang partai. Dia memastikan tidak ada anggota legislatif dan eksekutif PAN yang menyatakan keluar dari PAN.

Menurutnya, kader PAN rasional dan berakal sehat, sehingga mereka secara obyektif dapat menilai dengan benar tentang masa depan politiknya. Kalaupun ada mantan anggota PAN yang terlibat di Partai Ummat, kata Viva, hanya sedikit.

Selain itu, dia mengatakan, pada Pemilu 2024, parliamentary threshold (PT) sebesar 4 persen, dinilainya cukup berat bagi seluruh partai politik. Sehingga partai politik baru diperlukan kerja keras agar lolos PT.

Karenanya, Viva mengatakan bahwa partainya hingga saat ini terus menggalang konsolidasi organisasi sampai ke tingkat desa. Kedekatan ke masyarakat, katanya, juga terus dilakukan, yakni dengan membantu masyarakat dalam memberantas pandemi Covid-19.[man]

Pos terkait