Pangeran Philip Wafat, Warga Inggris Berkumpul di Windsor

  • Whatsapp
Pangeran Philip Wafat, Warga Inggris Berkumpul di Windsor

Monitorindonesia.com – Setelah berita kematian Pangeran Philip tersebar ke wilayah kerajaan, masyarakat mulai berkumpul di luar gerbang istana Windsor. Masyarakat lokal termasuk seorang gadis kecil telah meninggalkan buket bunga di pintu masuk istana.

Dan orang – orang semakin banyak berdatangan. Salah satu kartu ucapan yang tertempel di buket bunga sangat sederhana “RIP Prince Philip”.

Yang lainnya ditujukan kepada Sang Ratu untuk menunjukkan turut berduka yang sangat dalam. Suasana kesedihan sangat terasa di sekeliling Windsor karena orang – orang dengan hening merefleksikan berita duka tentang kematian Sang Pangeran.

Disini dia menghabiskan minggu terakhirnya setelah dipulangkan dari rumah sakit. Hari- hari terakhirnya dihabiskan bersama istrinya, Sang Ratu.

Pangeran Philip dan Ratu memiliki empat orang anak, delapan cucu dan 10 cicit.

Anak pertama mereka, Pangeran Wales, Pangeran Charles lahir pada tahun 1948 selanjutnya saudarinya, putri kerajaan, Putri Anne pada tahun 1950, Adipati York, Pangeran Andrew pada tahun 1960 dan Pangeran Wessex, Pangeran Edward pada tahun 1964.

Prince Philip lahir di Pulau Yunani, Corfu pada 10 Juni 1921. Ayahnya merupakan Pangeran Yunani dan Denmark, Pangeran Andrew, putra kedua dari Raja George I di Hellenes. Ibunya merupakan Putri Alice, putri dari Pangeran Louis di Battenberg dan cicit dari Ratu Victoria.

Para politisi di seluruh Inggris Raya serentak menyatakan turut berbelasungkawa setelah pengumuman meninggalnya Pangeran Philip.

Kepala Ketenagakerjaan Sir Keir Starmer berkata bahwa Inggris telah kehilangan sosok pelayan public yang luar biasa, sementara Menteri pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon berkata bahwa kontribusi panjang kepada public akan meninggalkan bekas yang mendalam bagi masyarakat Skotlandia.

Menteri pertama Wales. Mark Drakeford mengatakan bahwa Pangeran Philip melayani rakyatya dengan pengabdian tanpa pamrih dan jiwa yang bermurah hati.

Parlemen akan memberikan penghormatan kepada Sang Pangeran pada Senin, 12 April 2021 dengan House of Commons pada pukul 14.30 untuk tribute atas meninggalnya Pangeran Philip.

Semua partai telah memberhentikan kampanye untuk pemilihan pada 6 Mei 2021.[Yohana RJ]

 

Sumber : BBC

Pos terkait