Pasca Kebakaran Kilang Balongan, Pertamina Jamin Distribusi BBM Lancar

  • Whatsapp
Pasca Kebakaran Kilang Balongan, Pertamina Jamin Distribusi BBM Lancar
Kebakaran di kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dinihari. [Istagram]

Monitorindonesia.com – Pertamina memastikan distribusi bahan bakar minyak (BBM) tidak terganggu meski kilang minyak di Balongan terjadi kebakaran. Saat ini, distribusi BBM masih berjalan normal.

“Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu pasca insiden Balongan,” kata Corporate Secretary Subholding Refining dan Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya dalam keterangannya, Senin (29/03/2021).

Saat ini, kata Ifki, tim Health Safety, Security and Environment (HSSE) Kilang Pertamina Balongan fokus melakukan pemadaman api. Shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran kini tengah dilakukan.

Pertamina juga memastikan keamanan warga di sekitar lokasi kejadian dengan melakukan evakuasi ke tempat aman. Diperkirakan saat ini terdapat sekitar 200-an warga yang diungsikan di Pendopo Kabupaten Indramayu, sekitar 400 orang di Islamic Center Indramayu dan sekitar 350 warga di GOR Perumahan Bumi Patra.

Warga yang diungsikan berasal dari desa Balongan yang merupakan desa yang berlokasi paling dekat dengan tempat kejadian. Di tempat pengungsian, Pertamina menyiapkan kelengkapan pencegahan covid 19 berupa masker dan hand sanitizer, serta memastikan warga tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid.

Sebagaimana diketahui, bahwa pada pukul 00.45 WIB telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G. Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.[man]

 

Pos terkait