Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta Baru Rampung 2025 & 2027

  • Whatsapp
Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta Baru Rampung 2025 & 2027
Proses pembangunan D-Wall Stasiun Monas MRT Jakarta serta, Jumat (26/2/2021) [istimewa]

Jakarta, MonitorIndonesia.com – Pekerjaan pembangunan CP 201 fase 2A MRT Jakarta berjalan sesuai jadwal. Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari enam stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Fase 2A MRT Jakarta tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada Maret 2025, dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada Agustus 2027.

Sedangkan Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya melanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

“Pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap membangun D-Wall untuk stasiun serta pembangunan pos polisi baru yang direlokasi dari Jalan Medan Merdeka Barat ke Jalan Medan Merdeka Sel (samping masuk Taman Monas Jalan Silang Medan Merdeka Barat Daya). Selain itu, proyek juga mulai mengerjakan jet grout dan king post stasiun,” ujar Plt Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda), Ahmad Pratomo, Jumat (26/2/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan relokasi drainase dan persiapan peralatan pekerjaan pembangunan D-Wall seperti soil pit dan silo foundation.

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga akan menyiapkan pusat informasi masyarakat (visitor center), di area pembangunan Stasiun Monas, yang akan berfungsi sebagai media center dan menyajikan sejumlah maket seperti MRT Jakarta Fase 2, penemuan cagar budaya selama pembangunan fase 2, dan video profil MRT Jakarta.

Stasiun Thamrin merupakan salah satu stasiun di fase 2A MRT Jakarta. Stasiun ini akan menjadi stasiun MRT Jakarta terpanjang, yaitu sekitar 410 meter dengan struktur bangunan dua lantai di bawah tanah.

Stasiun ini juga akan menjadi pertemuan jalur timur-barat, Stasiun Monas adalah stasiun yang terintegrasi langsung dengan kawasan Taman Monas. Kedua stasiun ini ditargetkan selesai pada Maret 2025.

Berbeda dengan fase 1, fase 2 dibangun sekaligus dengan membangun kawasan stasiun dengan konsep kawasan berorientasi transit (transit oriented development).

Pembangunan dengan konsep ini tidak hanya menyiapkan infrastruktur stasiun MRT Jakarta saja, namun juga kawasan sebagai paduan antara fungsi transit dan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik yang akan mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang.

Pos terkait