Pemerintah Diminta Persiapkan Langkah Taktis untuk Menekan Laju Harga Cabai

  • Whatsapp
LaNyalla Usul Pemberdayaan Lintas Kementerian untuk Bantu Tingkatkan Level UMKM
Ketua DPD RI, LaNyalla pantau pasar.

Monitorindonesia.com – Ketua DPD RI, LaNyalla Mattalitti menaruh pertahian serius terhadap kenaikan harga komoditas cabai yang tengah tak terkendali, dan bahkan di beberapa daerah harga per kilogram nya tembus hingga menembus ratusan ribu rupiah per kilogramnya. Untuk itu, pemerintah perlu mempersiapkan langkah-langkah taktis untuk menekan laju harga komoditas cabai yang tak terkendali.

“Pemerintah perlu membuat sistem secara terkoordinasi antar-wilayah untuk memudahkan pasokan komoditi cabai. Pemerintah harus punya sistem distribusi yang dapat mengantisipasi persoalan ini secara serius,” kata LaNyalla melalui keterangan tertulisnya, Kamis (18/3/2021).

Bacaan Lainnya

Melanjutkan pernyataanya, Senator asal jawa Timur itu mengatakan bahwa sejatinya bangsa ini memiliki sentra-sentra penghasil holtikultura komoditi cabai atau jenis sayur-sayuran yang dapat memberikan pasokan ke daerah-daerah lain.

“Ini harus dibuat sistemnya dengan memperhatikan waktu panen dan keadaan cuaca,” tutur LaNyalla seraya melanjutkan bahwa situasi melonjaknya secara drastis harga cabai semestinya tak terjadi mengingat Indonesia merupakan termasuk produsen cabai peringkat keempat dunia.

Dengan tingkat produksi yang tinggi, menurut LaNyalla, semestinya pemerintah mampu membuat sirkulasi distribusi yang tersistem dan juga pengolahan atau industri penyimpanan (stok) cabai untuk beberapa waktu tertentu. (Ery)

Pos terkait