Pemprov DKI Akan Tindak Tegas PMKS di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
Pemprov DKI Akan Tindak Tegas PMKS di Bulan Ramadhan

Monitorindonesia.com – Untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum dalam bulan Ramadhan, Pemprov DKI melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan mengambil tindakan tegas atas maraknya Penyandang Masakah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin menegaskan pihaknya akan memidanakan PMKS yang kerap mengemis di bulan Ramadhan. “Sanksinya adalah denda atau pidana penjara,” kata Arifin di Jakarta, Senin (11/4/2021).

Bacaan Lainnya

Arifin mengatakan, menjelang bulan ramadhan para PMKS sudah meramaikan jalanan dengan menjadi pengemis, gelandangan, pengamen, hingga manusia silver. Pihaknya akan melakukan razia dan menjaring mereka.

Menurut Arifin, PMKS yang ditangkap akan didata dan ditindak dengan dibawa ke Dinas Sosial atau dipulangkan jika memiliki tempat tinggal. Namun jika melanggar lagi, bisa saja mereka dipidana.

Hal itu dikatakan Arifin, telah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Seperti diketahui, pada pasal 61, para PMKS yang kedapatan menggelandang bakal dikenakan ancaman pidana kurungan paling singkat 10 hari dan paling lama 60 hari atau denda paling sedikit Rp100.000 dan paling banyak Rp20 juta.

Pos terkait