Pemprov DKI Diminta Cekatan Tangani Banjir Rob di Pesisir Jakarta

  • Whatsapp
Pemprov DKI Diminta Cekatan Tangani Banjir Rob di Pesisir Jakarta

Monitorindonesia.com – Sekretaris Komisi D DPRD DKI, Syarif meminta agar Pemprov DKI tidak terlambat dalam menangani adanya banjir rob atau banjir air pasang yang akan terjadi di wilayah pesisir.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan adanya banjir rob di beberapa kawasan, termasuk Jakarta. Hal itu disebabkan adanya peristiwa gerhana bulan total yang terjadi kemarin.

Bacaan Lainnya

Menurut Politisi Gerindra itu, evakuasi harus dilaksanakan sebelum bencana banjir rob terjadi. Selain itu harus dipetakan wilayah-wilayah yang akan mengalami banjir. “Segera lakukan evakuasi terhadap warga yang wilayahnya sudah dipetakan akan mengalami banjir. Karena yang sudah-sudah, setelah air datang baru buru-buru evakuasi penduduk,” katanya Syarif di Jakarta, Kamis (26/5/2021).

Syarif juga menyoroti persiapan pompa-pompa untuk penanggulangan banjir rob. Menurut, dia fasilitas publik di kawasan pesisir pun harus diutamakan.

“Rumah dan pompa-pompa harus disiagakan disana. Fasilitas publik pun jangan diabaikan,” lanjut politisi Gerindra itu.

Syarif menambahkankan, banjir rob di Jakarta sulit untuk ditangani namun peristiwa itu bisa dikurangi dengan tembok laut. Namun sayangnya hingga kini, proyek tersebut masih mangkrak. “Banjir rob itu dengan gaint seawall. Tapi pembangunannya saat ini melambat,” tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya pihaknya sudah menyiagakan tanggul dan pompa di bagian pesisir Jakarta Utara untuk mengurangi dampak banjir rob.

Menrutnya, masyarakat di kawasan utara Jakarta sudah sangat memahami hal tersebut. “Memang sudah menjadi rutin ketika bulan pernama terjadi air pasang di wilayah Utara,” kata Riza. (Zat)

Pos terkait