Pemudik yang Balik ke Jabodetabek Wajib Membawa Surat Bebas Covid-19

  • Whatsapp
Pemudik yang Balik ke Jabodetabek Wajib Membawa Surat Bebas Covid-19
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus.[ist]

Monitorindonesia.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan sekitar 1,5 juta warga Jabodetabek mudik dalam musim Lebatan 2021. Padahal Pemerintah sehak jauh-jauh hari telah meminta masyarakat tidak mudik untuk menghindari meluasnya penyebaran virus korona Covid-19.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengingatkan, pemudik yang akan kembali ke Jabodetabek wajib membawa surat keterangan bebas Covid-19. Jika tidak, mereka harus mengikuti swab antigen di posko yang sudah didirikan.

“Warga Jakarta yang mudik yang akan masuk ke Jakarta diwajibkan membawa surat antigen bebas Covid-19 dari daerah mereka mudik, diperlihatkan surat bebas Covid-19 di titik pemeriksaan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Jakarta, Sabtu (15/5/2021).

Yusri menjelaskan Kepolisian akan melakukan pemeriksaan kelengkapan surat bebas Covid-19 tersebut mulai Minggu (16/5/2021). Polda Metro Jaya akan mendirikan pos pemeriksan di KM 34 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan di Pos Cikupa.

Untuk ruas jalan arteri, pemeriksaan surat bebas Covid-19 akan dilakukan di Jatiuwung serta Kedungwaringin.

“Teknisnya semua kita lakukan pemeriksaan, bahwa semua pengendara wajib memperlihatkan surat bebas Covid-19,” katanya.

Yusri juga mengimbau kepada pemudik untuk lebih dulu melakukan tes usap (swab test) antigen sebelum kembali ke Jakarta untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan. Polda Metro Juga akan menyiapkan layanan tes usap antigen bagi kendaraan yang hendak masuk ke Jakarta namun tidak membawa surat bebas Covid-19.

“Kalau tidak ada kita akan buka “drive thru” dan “random sampling” untuk “swab” antigen, tapi untuk lebih memudahkan supaya tidak terhambat di jalan, tidak terjadi kemacetan sebelum berangkat sebaiknya dilakukan swab antigen,” katanya.

Polda Metro Jaya pada Jumat malam mengakhiri penyekatan mudik Lebaran 2021 atau Idul Fitri yang digelar sebagai tindak lanjut kebijakan larangan mudik dari pemerintah. Ditlantas Polda Metro Jaya juga kembali membuka jalan layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek setelah sempat ditutup beberapa hari.

Kepolisian menutup jalan layang tersebut sejak 6 Mei lalu sebagai bagian dari Operasi Ketupat Jaya 2021 yang fokusnya adalah penyekatan mudik dengan menutup akses keluar dan masuk Jabotabek.[cal]

Pos terkait