Pengetatan Pra Larangan Mudik, KAI Sebut Jumlah Penumpang Masih Stabil

  • Whatsapp
Libur Lebaran KRL Jabodetabek Tetap Beroperasi
Salah satu rangkaian KA PT Kereta Api Indonesia (Persero) melintas di Stasiun Bandung, Jawa Barat pada awal 2021 lalu [istimewa]

Jakarta, Monitorindonesia.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengklarifikasi terkait Surat Edatan Kepala Satgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021.

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, sejak 22 April hingga 5 Mei 2021 hanya pengetatan moda transportasi bukan larangan mudik. “Larangan mudik tetap dari 6 – 17 mei,” kata dia, di Jakarta, Kamis (22/4/2021)

Bacaan Lainnya

Joni membeberkan, untuk kereta api jarak jauh, bagi penumpang yang melakukan sebelum 6 Mei 2021 wajib melampirkan surat keterangan sehat melalui surat swab antigen, swab PCR yang menunjukkan hasil negatif. Hal tersebut menurut dia sesuai dengan aturan pemerintah. “Tapi masa berlaku tes Covid-19 berubah dari 3×24 jam kini hanya menjadi 1×24 jam,” ujarnya.

Namun Joni mengungkapkan, untuk KAI pihaknya menunggu SE dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai legulator transportasi. Untuk operasi PT KAI semua di bawah kewenangan Kemenhub.

“Kalau dilihat kemenhub menurunkan apa yang baru saja jadi, yang lama tetap berlaku. Kecuali SE terbaru ini ada perubahan. Semua kewenangan kemenhub,” papar dia.

Menurut Joni, sejauh ini kebijakan larangan mudik tidak berdampak pada jumlah penumpang. Untuk penjualan tiket keberangkatan 20 April sampai 5 Mei 2021, masih belum ada lonjakan yang signiflkan.

Saat ini, Joni mengutarakan, tiket yang sudah terjual masih sekitar 30 persen dari jumlah tiket yang disediakan KAI. Namun jumlah tersebut masih akan terus bertambah mengingat transportasi kereta api masih beroperasi. “Jumlah penumpang masih stabil. Kan banyak yang berasumsi bahwa ada mudik awal gitu kan. Nah kalau pantauan kami sejauh ini belum ada lonjakan,” katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini KAI masih mengoperasikan kereta api dengan normal. Sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. (Zat)

Pos terkait