Penumpang di Semua Transportasi Umum Turun Hingga 84% Dimasa Larangan Mudik

  • Whatsapp
Penumpang di Semua Transportasi Umum Turun Hingga 84% Dimasa Larangan Mudik
[Foto-kominfo]

Monitorindonesia.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan terjadi penurunan mobilitas penumpang di semua moda hingga 84% dalam periode larangan mudik Lebaran mulai 6 Mei hingga 15 Mei 2021.

Penurunan tertinggi terjadi di transportasi udara yang secara akumulasi pada pelarangan 6-15 Mei 2021 rata-rata penumpang harian turun hingga 93% dibandingkan hari biasa di bulan April 2021. Sedangkan transportasi untuk logistik tidak ada penurunan, bahkan terdapat beberapa peningkatan.

Bacaan Lainnya

“Meskipun terjadi penurunan volume penumpang secara signifikan, tetap perlu diwaspadai aktivitas perjalanan masyarakat di masa paska peniadaan mudik, tepatnya di tanggal 18-24 Mei 2021.” jelas Menhub Budi melalui keterangan resmi, Senin (17/5/2021).

Dengan meningkatnya kasus positif di Sumatera dalam beberapa minggu terakhir, maka perlu dilakukan pengetatan di pelabuhan penyeberangan Bakauheni.

“Sejak 15 Mei 2021 telah diberlakukan ketentuan wajib membawa hasil rapid antigen. Penumpang diminta melakukan tes secara mandiri lebih awal di daerah asalnya untuk menghindari penumpukan di pelabuhan” tambahnya

Menhub juga meminta kepada seluruh stakeholders transportasi agar memastikan protokol kesehatan dapat diterapkan dengan baik pada fasilitas publik seperti terminal, stasiun, pelabuhan, maupun bandara. Jumlah petugas maupun intensitas pengawasannya juga harus ditingkatkan.

Pos terkait