Perang Hari ke-8, Korban Tewas Hamas 197, Israel 10

  • Whatsapp
Perang Hari ke-8, Korban Tewas Hamas 197, Israel 10

Gaza, Monitorindonesia.com – Israel meluncurkan puluhan serangan udara di Gaza dan kelompok militan Hamas tetap melakukan serangan roketnya terhadap kota – kota di Israel memasuki minggu kedua serangan di Gaza Senin (17/05/2021).

Dunia meminta untuk memberhentikan saling serang tetapi tidak ada tanda akan segera berakhir untuk perselisihan paling parah antar Israel dan kelompok Islam Hamas di Gaza dalam beberapa tahun.

Bacaan Lainnya

Jalan raya, bangunan keamanan, kamp pelatihan militer dan rumah warga terkena serangan bom Israel yang nampaknya berfokus di kota Gaza, ungkap para saksi. Suara ledakan bergema di Palestina sepanjang malam.

Militer Israel mengatakan bahwa pesawat tempur menghantam target teror setelah bendungan roket dari Gaza ditembakkan ke kota Israel di Beersheba dan Ashkelon sesaat setelah tengah malam berlalu. Tidak ada laporan langsung terkait kerugian yang dialami oleh kedua wilayah perbatasan tersebut.

Dunia semakin khwatir setelah serangan udara pertama Israel di Gaza yang menghancurkan beberapa rumah Minggu (09/05/2021) dengan jumlah korban tewas 42 orang dan 10 orang anak di antaranya kemudian dibalas serangan roket beruntun dari Palestina, menurut pejabat kesehatan Palestina.

Sekretaris Negara AS Antony Blinken menulis melalui media sosial Twitter: Semua pihak perlu meredakan ketegangan – kekerasan harus berakhir segera,” setelah dia berbicara dengan Kementerian Luar Negeri Mesir tentang kekerasan yang sedang terjadi di Israel, Gaza dan West Bank.

Pada rapat yang berlangsung Minggu (16/05/2021) Dewan Keamanan PBB, AS mengatakan bahwa telah dijelaskan kepada Israel, Palestina dan yang lain siap menawarkan bantuan untuk memberhentikan gencatan senjata.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kampanye Israel di Gaza akan melanjutkan dengan kekuatan penuh sampai efek jera tercapai untuk menghindari konflik dengan Hamas pada masa yang akan datang.

“Kami akan tetap bertindak selagi perlu untuk memperbaharui ketenangan dan kedamaian anda, warga Israel. Ini membutuhkan waktu,” Perdana Menteri mengarakan melalui media televisi setelah pertemuan kabinet keamanan Minggu (17/05/2021).

Menteri kesehatan Gaza mencatat total kematian di kawasan padat penduduk 2 juta jiwa warga Palestina adalah 197 korban tewas termasuk 58 orang anak dan 34 perempuan.

Menurut pihak berwajib Israel terdapat sepuluh korban tewas di Israel temasuk dua orang anak.

Hamas mulai serangan roket Senin lalu (10/05/2021) setelah beberapa minggu ketegangan di Jerusalem timur dan pembalasan pertikaian polisi Israel dengan warga Palestina di dekat masjid Al-Aqsa, tempat suci islam yang ketiga selama bulan suci islam Ramadhan.[Yohana RJ]

 

Sumber: Reuters

Pos terkait