Direktorat Jenderal Pajak RI : Perlu Berhati-hati Terhadap Meterai Palsu

  • Whatsapp
Direktorat Jenderal Pajak RI : Perlu Berhati-hati Terhadap Meterai Palsu
Ilutrasi Meterai Palsu [sc.cp-MI.edt]

Monitorindonesia.com – Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia  (DJP RI) menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap meterai palsu, Selasa 13/4/2021

“Perlu berhati-hati terhadap meterai palsu karena dokumen yang dibubuhi oleh meterai palsu dianggap tidak dibubuhi meterai dan pembayaran bea meterainya tidak sah” dikutip dari Instagram resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Ditjen Pajak RI menerangkan ada beberapa cara untuk memastikan keaslian meterai. Dijelaskan dalam meterai asli ada hasil teknologi cetak dari Peruri (Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus untuk mencetak Benda Meterai).

“Keaslian meterai dapat diketahui dengan tiga cara yaitu dilihat, diraba, dan digoyang. Jika dilihat, meterai asli memiliki tiga bentuk perforasi (lubang) yakni bulat, oval, dan bintang. Teknologi cetak dari Peruri juga menjadikan angka pada meterai terasa kasar jika diraba. Saat meterai digoyang, akan terjadi color shifting (perubahan warna)”  jelas Ditjen Pajak.

Sebelumnya, Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) membongkar sindikat pemalsuan meterai dengan total kerugian negara mencapai lebih dari Rp37 miliar.

Pengungkapan kasus ini bermula dari informasi jasa pengiriman barang tentang pengiriman meterai ke berbagai wilayah di Indonesia.

“Berdasarkan informasi tersebut Team Garuda Sat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta kemudian melakukan penyelidikan terkait hal tidak wajar tersebut yang kemudian mendapati produksi dan peredaran meterai palsu oleh para tersangka,”kata Yusri  (Kabid Humas Polda Metro Jaya) dalam keterangannya, Rabu (17/3/2021).

Pos terkait