Petugas Kewalahan Memadamkan Kebakaran Hutan Los Angeles

  • Whatsapp
Petugas Kewalahan Memadamkan Kebakaran Hutan Los Angeles

Los Angles, Monitorindonesia.com – Sebuah kebakaran hutan dengan asap mengitari masyarakat yang tinggal di sebuah lembah Los Angeles semakin lebih besar Minggu (16/05/2021) sehingga ribuan warga setempat diminta untuk segera dievakuasi sementara yang lain diperingatkan untuk bersedia meninggalkan tempat mereka, pemerintah setempat menuturkan.

Cuaca dingin dan lembab pada pagi hari mengharuskan para pemadam kebakaran harus berhenti tetapi menjelang sore api mulai bergerak lagi ke medan yang curam dimana tumbuhan kering – bisa terbakar tidak dibakar dalam setengah abad.

Pemadam Kebakaran Los Angeles mengatakan. “Kita pasti akan menghadapi kebakaran yang lebih besar,” tutur juru bicara Pemadam Kebakaran, Margaret Stewart.

Tidak ada bagunan atau fasilitas umum yang terbakar dan tidak ada korban terluka yang dilaporkan dalam kebakaran yang terjadi pada Jumat malam (14/05/2021) di Gunung Santa Monica. Api semakin membara Sabtu (15/05/2021) pada sore hari.

Ribuan warga lembah Topanga diminta untuk mengevakuasi rumah mereka karena api semakin menyebar sampai pegunungan, mengakibatkan asap tebal dan menaburkan asap di sekitar lingkungan penduduk.

Menjelang Minggu siang (16/05/2021) api menghanguskan sekitar 5.1 km2 hutan. Kemudian pemerintah setempat memperingatkan puluhan warga di sekitar perbukitan untuk bersiap-siap dievakuasi apabila api masih tetap berlanjut. Tidak ada pembatas tanda bahaya.

Los Angeles mengalami curah hujan yang sedikit dalam beberapa bulan terakhir membuat keadaan semakin panas dan berisiko tinggi terhadap api.

Penyebab kebakaran dekat taman nasional Topanga dianggap mencurigakan dan masih dalam penyelidikan, ungkap pemadam kebakaran.

Ada beberap laporan tersangka pembakaran berada di area kebakaran pada Sabtu (15/05/2021) tetapi setelah melakukan pencarian oleh petugas kepolisian Los Angeles tidak menemukan siapapun, Stewart menuturkan.

“Para petugas bergantung pada pesawat yang mencurahkan air dan penghambat api karena medan yang sangat curam dan sangat sulit dinavigasi menghambat proses pemadaman api,” ungkap pemadam kebakaran.

Lembah Topanga merupakan kawasan penduduk terpencil dengan rumah peternakan berjarak sekitar 20 mil (32 km) di bagian barat dari pusat kota Los Angeles di perbatasan Malibu. [Yohana RJ]

 

Sumber :  VOA

Pos terkait