Bakal Fit and Proper Test Calon Panglima TNI, Pekan Depan Komisi I DPR Gelar Rapim dan Bamus

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 2 November 2023 13:43 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, memperkirakan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI akan dilakukan antara tanggal 15 dan 16 November 2023.

Hal itu untuk menindaklanjuti surat presiden (surpres) tentang usulan pengganti Panglima TNI saat ini, Laksamana Yudo Margono yang bakal memasuki massa pensiun pada akhir November 2023.

Sebelum fit and proper test, kata Dasco, ada tahapan yang harus dilalui, mulai dari rapat pimpinan (rapim) dan rapat badan musyawarah (bamus). Baru setelah itu, Komisi I DPR RI menggelar fit and proper test. 

"Ya kita kan lakukan rapim dan bamus pada pekan depan, kira-kira hari Selasa (7 November). Lalu kemudian, rangkaian-rangkaian fit and proper itu kan ada beberapa yang harus dilakukan oleh Komisi I yang akan ditugaskan," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (2/11).

"Nah, sehingga menurut saya kita akan on the track aja sesuai dengan jadwal-jadwal yang nanti akan ditentukan oleh rapim dan bamus, mungkin perkiraan fit and proper antara tanggal 15 atau 16 (November), kira-kira begitu," lanjut Dasco. 

Kata Dasco, setelah semua proses tersebut dilakukan, calon Panglima TNI yang baru akan diparipurnakan. "Iya, kan kita harus rapim bamus kemudian penugasan di paripurnakan, kan begitu," ucapnya. 

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani, mengaku sudah membaca isi surat Presiden (surpres) tentang usulan satu calon nama pengganti Panglima TNI saat ini, Laksamana Yudo Margono yang bakal memasuki massa pensiun pada akhir November 2023.

"Terkait dengan usulan pengganti calon Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden, yang mana bahwa Panglima TNI Laksanama Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yang sesuai dengan aturannya yaitu pada 26 November sesuai dengan hari kelahiran dia," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/10).

"Dan pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD," bebernya. (DI)