Tiga Jenderal Bintang 3 Ini Calon Kuat Pengganti Agus Subiyanto Jadi KSAD

Akbar Budi Prasetia
Akbar Budi Prasetia
Diperbarui 2 November 2023 14:46 WIB
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. (Foto: Instagram @meutya_hafid)
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. (Foto: Instagram @meutya_hafid)

Jakarta, MI - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengungkapkan ada tiga nama yang menguat untuk menggantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Ketiga nama tersebut diantaranya, Kepala BNPB, Letjen Suharyanto, Pangkostrad, Letjen Maruli Simajuntak, dan Koordinator Staf Ahli KSAD, Letjen I Nyoman Cantiasa.

"Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat, ada Pak Suharyanto Kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantiasa," kata Meutya kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11).

Dia menyampaikan bahwa berjalannya waktu akan ada nama-nama yang muncul sebagai calon kandidat KSAD.     Kendati demikian, sampai saat ini hanya baru tiga nama tersebut calon kuat pengganti Agus Subiyanto. 

"Enggak tertutup kemungkinan ada lagi yang lain," ujar Meutya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani, mengaku sudah membaca isi surat Presiden (surpres) tentang usulan satu calon nama pengganti Panglima TNI saat ini, Laksamana Yudo Margono yang bakal memasuki massa pensiun pada akhir November 2023.

"Terkait dengan usulan pengganti calon Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden, yang mana bahwa Panglima TNI Laksanama Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yang sesuai dengan aturannya yaitu pada 26 November sesuai dengan hari kelahiran dia," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/10).

"Dan pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD," tutupnya. (DI)