LDKS SMK Sumbangsih 2023, Bentuk Karakter dan Kreativitas Siswa

Akbar Budi Prasetia
Akbar Budi Prasetia
Diperbarui 4 November 2023 11:30 WIB
Suasana LDKS Siswa Sumbangsih. (Foto: Dok.MI)
Suasana LDKS Siswa Sumbangsih. (Foto: Dok.MI)

Bogor, MI - Sebanyak 29 siswa kelas X SMK Sumbangsih Jakarta, jurusan anmasi dan desain Komunikasi (DKV) l, selama dua hari, 3 hingga 4 November 2023, menyelenggarakan acara Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. 

Kepala Sekolah SMK, Akhmad Nidom, mengatakan, acara LDKS itu diadakan untuk melatih siswa untuk bisa menjadi pemimpin dan mengembangkan kreativitas. 

"Acara LDKS ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepemimpinan, membentuk sikap dan mengembangkan kreativitas para siswa," kata Akhmad dilokasi, Sabtu (4/11).

Setibanya para siswa di Rindam Jaya Gunung Picung, acara LDKS itu diawali upacara pembukaan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian pelatihan kepada siswa yang dipimpin langsung oleh Letty Cecep dan jajarannya.

Meskipun acara tersebut diguyur hujan deras disertai angin kencang, para peserta tetap semangat dan malamnya dilanjutkan dengan acara jurit malam. 

Menurut Lettu Cecep, materi LDKS sangat penting bagi para siswa, karena ini bagian dari pembangunan karakter siswa. Utamanya adalah masalah materi kedisiplinan misalnya materi pelatihan baris berbaris (PBB) dan juga sebagai penggemblengan mental siswa, agar tampil berani dan lebih percaya diri. Selain itu juga ada acara pembekalan materi LDKS, perenungan malam.

Dalam acara ini para siswa juga dibantu beberapa kakak kelas dari anggota OSIS dan dipantau beberapa guru yang dikoordinasi oleh pembina OSIS, Sartika Chandra Kusuma. 

Beberapa guru lainnya sebagai pembina di acara, diantaranya adalah Al Syifa Ridwan Firdaus, Agus Priyanto (karyawan TU), Gatot Eko Cahyono dan Muhammad Rozali. 

Sabtu, 4 November 2023 ini, direncakan rombongan tiba kembali di sekolah SMK Sumbangsih, jl Ampera Raya no 3-4, Cilandak Timur, Jakarta Selatan. (Gatot Eko Cahyono)