DPR Endus Ada Permainan Rente di Pengadaan Trainset LRT

Akbar Budi Prasetia
Akbar Budi Prasetia
Diperbarui 4 November 2023 15:09 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak. (Foto: Dok.DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak. (Foto: Dok.DPR RI)

Jakarta, MI - Anggota Komisi VI DPR RI, Amin Ak mengusulka untuk mengaudit kualitas trainset LRT Jabodebek yang diproduksi oleh PT INKA. 

Amin AK khawatir, ada permainan mafia yang mempengaruhi kualitas trainset LRT. Jika terbukti ada pengurangan kualitas bahan maka ini harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan dan penyelidikan faktor-faktor penyebabnya.

“Saya khawatir ada praktik rente dalam pengadaan trainset LRT, sehingga kualitasnya tidak memenuhi standar," kata Amin Ak melalui keterangannya kepada wartawan, Sabtu (4/11). 

Lebih lanjut, Amin Ak mengungkapkan pada Agustus 2023 lalu, pihak Siemens yang ditunjuk sebagai pemasok dan pengelola software untuk operasional LRT Jabodebek memprotes adanya ketidaksesuaian teknis pada 31 trainset LRT buatan PT INKA.

Ketidaksesuaian ini yang menyebabkan terjadinya tidak kompatibel dengan sistem atau software untuk pengoperasiannya.

"Jangan sampai reputasi anak bangsa rusak gara-gara penyimpangan yang terkait dengan faktor non teknis produksi, misalnya praktik rente. Sehingga, terjadi pengurangan kualitas bahan baku," kata Amin Ak.

"Selama ini kita berjuang agar anak bangsa diberikan kepercayaan. Kita juga mendorong pemerintah mengurangi ketergantungan impor,” tutup Amin Ak. (ABP)