Sukamta Dukung Penuh Rencana TNI Kirim Kapal Rumah Sakit Bantu Palestina

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 6 November 2023 09:38 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta [Foto: Doc MI]
Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta [Foto: Doc MI]

Jakarta, MI - Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta, mendukung penuh kesiapan TNI, untuk mengirim kapal rumah sakit ke Palestina sebagaimana disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Sukamta mengatakan, rencana tersebut merupakan bukti keberanian luar biasa yang dimiliki oleh TNI, untuk mendukung tindakan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan warga Gaza Palestina.

"Kondisi layanan kesehatan di Gaza bisa dikatakan hampir lumpuh berdasar laporan yang kita dapatkan. Tidak ada obat-obatan, sarana rumah sakit hancur, tenaga medis banyak yang menjadi korban,” kata Sukamta, Senin (6/11).

“Sementara setiap hari ratusan meninggal dunia dan ribuan terluka akibat pengeboman yang membabi buta oleh pihak Israel. Oleh sebab itu bantuan berupa pengiriman kapal rumah sakit yang akan dilakukan oleh TNI adalah langkah yang sangat tepat dan perlu dilakukan segera,” tambahnya. 

Menurutnya, pengiriman kapal rumah sakit TNI akan mendorong banyak negara juga, akan melakukan tindakan yang lebih berani menembus pembatasan akses bantuan kemanusiaan yang selama ini mendapat ancaman Israel.

Sementara pintu perbatasan Rafah, hanya membolehkan bantuan secara terbatas yang bisa masuk. 

"Semakin cepat pengiriman kapal rumah sakit ini dilaksanakan tentu semakin baik, karena tentu butuh waktu cukup lama kapal bisa mencapai perairan Gaza,” jelasnya.

Sukamta pun meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk membantu segera lobi ke Pemerintah Mesir, dan beberapa pihak terkait di Luar Negeri untuk memudahkan akses kapal rumah sakit menuju perairan Gaza.