10 Tahun Maritim Gak Berubah, Ganjar: Gak Niat

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 8 November 2023 19:00 WIB
Bakal Calon Presiden, Ganjar Pranowo (Foto: Dhanis/MI)
Bakal Calon Presiden, Ganjar Pranowo (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo, menyoroti soal pertumbuhan ekonomi maritim selama 10 tahun terakhir. Menurutnya tak ada niat serius dari pemerintah dalam membangun perairan Indonesia.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu (8/11).

"Maritim 10 tahun enggak berubah, ya enggak niat. Mau pakai alasan apalagi? Masih land based, continental based," kata Ganjar. 

Padahal kata Ganjar, banyak sumber daya alam (SDA) di laut Indonesia yang bisa dioptimalkan untuk mengerek perekonomian nasional.

"Iya sebenarnya sudah banyak ya, tapi kan orang bicara sudah menyiapkan pelaut, tinggal kita optimalkan saja. Kemudian daerah Indonesia Timur, punya potensi garam, ikan yang bagus, saya kira di sana mesti ada pabriknya juga," ujarnya.

Ganjar mengatakan, bahwa dia menemukan banyak orang hebat yang siap membantu untuk membangun kekuatan laut Indonesia.

"Saya nemu kok orang-orang Indonesia yang hebat, saya panggil dan juga melamar, kita seriusin yuk ini yuk saya udah ketemu kok beberapa orang," ucapnya.

Untuk itu, dia menegaskan harus adanya perbaikan dari pemerintah ke depan. Salah satu caranya, dengan mendorong sumber daya manusia (SDM) mumpuni dan membuat banyak sekolah vokasi.

"Mereka yang punya kepentingan pinginnya yang lebih gampang. Maka ketika governance-nya tidak berjalan, kan kritiknya muncul dikuasai sekian orang. Maka perbaikan yang mesti kita lakukan hari ini," tandasnya. (DI)