Surya Paloh Serukan Kader Lawan Ketidakadilan Penguasa

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 11 November 2023 19:46 WIB
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, menyerukan kepada para kadernya untuk bergerak melawan jika melihat ada penguasa yang berlaku tak adil. Hal itu itu disampaikan Paloh dalam pidatonya di HUT ke-12 Partai NasDem.

Awalnya ia mengatakan bahwa rakyat bisa menerima nasib selama berlandaskan keadilan. Tetapi, penguasa yang berlaku tak adil demi kepentingannya kelompoknya sendiri tidak bisa dibiarkan.

"Kita semua bisa menerima untuk selalu menjadi rakyat jelata asalkan itu bersandar kepada keadilan," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Sabtu (11/11).

"Sebaliknya, kita tak bisa tinggal diam ketika ada penguasa kekuasaan yang berlaku tak adil demi kepentingan tertentu, demi kepentingan kelompoknya," lanjutnya.

Selanjutnya, Paloh menyinggung soal kepentingan politik yang memanfaatkan hukum. Sebab, itu adalah kecurangan untuk merusak peraturan peradilan.

"Hukum ketentuan dalam segala perundang-undangan dan lembaga peradilan adalah manifestasi dari keadilan. Dalam sebuah kompetisi, secara fairness adalah bentuk rasa keadilan itu," ujarnya Paloh. 

Penyelewengan kekuasaan seperti itu kata Paloh, menimbulkan keprihatinan. Sehingga kekuasaan korup itu dirasakan oleh semua lapisan rakyat. 

"Segala bentuk penyelewengan itu hanya berada di level tertentu. Namun, semakin ke sini kita semakin menyaksikan hampir di semua level. Gejala seperti itu sudah sedemikian memprihatinkan," jelasnya. (DI)