Cawapres Nomor Urut 2 Diduga Pakai Ijazah Palsu

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 18 November 2023 19:16 WIB
Cawapres Nomor Urut 3, Gibran Rakabuming Raka (Foto: Dhanis/MI)
Cawapres Nomor Urut 3, Gibran Rakabuming Raka (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Isu ijazah palsu dari keluarga Presiden RI ke-7 kembali mencuat di media sosial. Putra Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka diduga memiliki ijazah palsu dari program Insearch di University of Technology Sydney (UTS), Sydney, Australia.

Pegiat media sosial Dokter Tifa, meragukan ijazah yang dimiliki cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Ia mengatakan, Gibran tak kuliah di Australia, tetapi hanya mengikuti kursus saja.

"Bran @gibran_tweet Ijazah kursusmu seka Insearch UTS endi coba tak delok. Insearch sak ngertiku artine program utowo kursus utk persiapan masuk UTS. Upamane ngetokke ijazah, levele mung D1 alias kursus. Dadi sak jane kowe ki nang Australi kuliah opo ming kursus tow?" tulis Tifa dalam akun X miliknya, (16/11).

(Bran @gibran_tweet ijazah kursusmu dari Insearch UTS coba mana lihat. Insearch sepengetahuanku artinya program atau kursus untuk persiapan masuk UTS. Misalnya mengeluarkan ijazah, jenjangnya hanya D1 alias kursus. Jadi kamu di Australia kuliah atau hanya kursus saja?). 

Tifa juga menyinggung data dalam Wikipedia Gibran. Menurutnya ketika disindir mengenai dugaan ijazah palsu, hal itu langsung mengalami perubahan. Untuk itu, ia mempertanyakan MDIS itu universitas atau tempat kursus.

"Nah. Dalam semalam langsung berubah Wikipedianya. Gibran Rakabuming Raka, B.com. Wuihh. Gercep tim IT nya. Kalau MDIS yang keluarin gelar tetap perlu lihat ijazahnya, apa bener bachelor atau cuma diploma alias kursus. Btw, MDIS kuwi sak jane universitas opo to (MDIS itu sebenarnya universitas apa)," tulisnya lagi.

Gibran merupakan cawapres yang baru berusia 36 tahun dan tercatat sebagai yang termuda di Indonesia.

Rekam jejak politik,riwayat pendidikan dan sejumlah data dirinya tentu menjadi pencarian utama masyarakat Indonesia. Berikut riwayat pendidikan Mas Gibran.

Gibran adalah Wali Kota Solo yang masa jabatan 2021-2024. Lulusan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 16 Mangkubumen Kidul, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Surakarta, dan Orchid Park Secondary School, Singapura.

Gibran kemudian melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di Singapura. Kampusnya adalah Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan lulus pada 2007. Tapi saat ini di Wikipedia data pendidikan Gibran sudah tidak ada.

Sementara Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Ruy Suryo dalam akun X miliknya juga menyinggung mengenai dugaan ijazah palsu Gibran. Dia mengunggah ijazah miliknya dan menyampaikan sindiran.  

"Solusinya simple, agar negara ini tidak usah repot-repot sampai ada sidang “Ijazah Palsu” seperti yang sedang berlangsung, Yakni UPLOAD saja Ijazah-ijazah “Universitas Ternama Singapore & Australia” tersebut. Netizen sudah cerdas tahu itu Kursus, Diploma, Strata-1 dst. (Ini CONTOH S-1 & S-2 UGM ASLI) AMBYAR," kata Roy Suryo. (DI)