Hasil Survei Selalu Jeblok, Anies Targetkan Masuk Putaran Kedua

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 19 November 2023 09:20 WIB
Pengamat Politik, Ujang Komarudin (Foto: Dhanis/MI)
Pengamat Politik, Ujang Komarudin (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Direktur Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, menilai pernyataan capres nomor urut satu Anies Baswedan mengenai target masuk putaran kedua sebagai hal yang masuk akal. Mengingat dari hasil survei pasangan AMIN selalu berada di urutan terbawah. 

"Ya memang persaingannya berat ya, persaingannya ketat, kalau kita lihat dari survei-survei Prabowo tertinggi, Ganjar di tengah dan Anies di bawah. Artinya ya target Anies, target yang rasional ya ketika harus masuk putaran kedua," kata Ujang saat dihubungi Monitorindonesia.com, Minggu (19/11). 

"Ya karena itu target yang menurut saya target kewajiban. Harus, karena kalau tidak masuk putaran kedua, ya lewat, selesai. Finish," lanjutnya

Lebih lanjut, Ujang menilai, apa yang disampaikan capres Koalisi Perubahan itu bagian dari strategi pasangan AMIN untuk menembus putaran kedua pada Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang. 

"Jadi saya melihatnya, itu strategi dari Anies bukan pesimis. Sebagai strategi yang memang capres-cawapres saat ini semuanya berlomba untuk masuk putaran kedua," ujarnya. 

"Agar di putaran kedua itu menjadi real pertarungan, karena untuk menuju finis itu kalau dua putaran ya, di putaran kedua itu," tambahnya.

Untuk itu, ia tak menganggap pernyataan Anies tersebut sebagai sikap pesimis. Sebab, semua pasangan capres-cawapres menginginkan hasil kemenangan pada Pilpres 2024. 

"Jadi saya melihat ucapan Anies itu bagian dari strategi, bagian daripada agar dia tidak kalah. Kalau soal pesimis setiap capres-cawapres, pasti optimis semuanya," pungkasnya. (DI)