Hari Ini DPR Gerlar Sidang Paripurna Pengesahan Panglima TNI

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 21 November 2023 08:24 WIB
KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto [Foto: MI/Dhanis]
KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto [Foto: MI/Dhanis]

Jakarta, MI - DPR akan menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI, pada hari ini, Selasa (21/11).

"Jadi insya Allah besok DPR RI akan melakukan sidang paripurna terkait Panglima TNI untuk menetapkan atau menyetujui usulan dari presiden terkait penggantian panglima TNI yang akan datang," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/11).

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, lanjut Puan, akan memasuki akhir masa tugasnya akhir November ini. Maka dari itu, kata dia, perlu ada pengganti kursi Panglima TNI secepatnya. 

"Karena Panglima Bapak Yudo akan mengakhiri masa tugasnya. Kalau sesuai aturan itu sesuai dengan ulang tahun beliau yang nantinya kan jatuh pada tanggal 26 (November)," ujarnya.

"Jadi sebelum beliau (Yudo) masuki masa pensiun segara ada pengganti nama calon panglima TNI," tandasnya.

Sebelumnya, Komisi I DPR RI menyetujui Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto, menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono, Senin (12/11).

Agus disetujui oleh sebanyak sembilan fraksi di Komisi I DPR RI.

“Memberikan persetujuan kepada kelengkapan calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Senin (13/11).