Dukung Prabowo-Gibran, Bawaslu DKI Bakal Panggil Apdesi Besok

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 26 November 2023 14:34 WIB
Gedung Bawaslu RI (Foto: Ist)
Gedung Bawaslu RI (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), bakal memanggil perwakilan pihak Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) pada Senin (27/11). Hal itu terkait dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut dua beberapa waktu lalu di Indonesia Arena. 

"Kemudian ini teman-teman Bawaslu DKI sedang bekerja memanggil Apdesi. Kalau enggak salah Senin ini untuk meminta keterangan dari Apdesi," kata Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di Kawasan Monas, Jakarta, Minggu (26/11).

Sejauh ini, Kata Bagja, pihaknya masih mendalami adanya dugaan pelanggaran pada laporan tersebut. 

"Kita mendalami informasi temuan. Cawapresnya tidak mengajak. Tapi kalau untuk pelanggarannya kan ada kalimat selanjutnya," ujar Bagja.

Untuk itu, Bagja enggan menyimpulkan hasil pendalaman sementara yang tengah dilakukan pihaknya atas laporan itu.

"Jika ada dugaan pelanggaran tentu akan kami dalami sesuai dengan laporan pengawasan. Karena pada saat statement itu laporan pengawasan sedang dibuat," imbuhnya. 

Sebelumnya, Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu Jurdil sudah melaporkan panitia penyelenggara acara Desa Bersatu ke Bawaslu, pada Kamis (23/11). Karena dianggap memobilisasi ribuan kepala desa untuk mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut satu.

"Kami melaporkan sebuah peristiwa terkait dengan Apdesi di Gelora Bung Karno GBK pada tanggal 19, hari Minggu itu," kata Koordinator AMPPJ Sheera Prayuna.

"Kami menengarai kuat bahwa berdasarkan hasil temuan dan kajian kami, bahwa pertemuan itu sebagai bagian upaya untuk memobilisasi dukungan mengarahkan dukungan terhadap pasangan tertentu," tegasnya. (DI) 

Topik:

bawaslu apdesi