Komitmen Dukung Kebebasan Pers, Ganjar Bakal Buat Pemerintah Anti Baper

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 30 November 2023 14:45 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Dhanis/MI)
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengatakan dukungannya kepada kebebasan pers di Indonesia. Untuk itu, ia berjanji bakal menghadirkan pemerintahan yang tak terbawa perasaan (baper) apabila dikritik oleh insan pers.

"Dukungannya adalah tidak boleh baperan pemerintahnya kalau dikritik, itu dukung dulu karena itu bagian dari kebebasan pers," kata Ganjar di Kantor Dewan Pers, Jakarta, Kamis (30/11).

Selain itu, Ganjar juga bakal memberikan insentif untuk transisi media dari mainstream ke digital. Hal ini penting, karena insentif adalah salahsatu bentuk dukungan yang paling nyata bagi kebebasan pers di Indonesia.

"Kedua, insentif yang diberikan ketika transisi ini terjadi," ujarnya. 

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan, untuk mengedukasi publik tentang kebebasan pers bisa dilakukan oleh perangkat yang dimiliki oleh Pemerintah dan juga para guru bisa membantu untuk memberi pemahaman kepada siswa di tiap sekolah. 

"Yang ketiga adalah edukasi kepada publik, edukasinya kan kita punya Kemenkominfo, ada pemerintah daerah, ada guru-guru untuk mengajarkan semuanya sehingga kita makin dewasa dan semakin baik," imbuhnya. (DI)